IMPLEMENTASI INSERSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA N 2 GEROKGAK DI KABUATEN BULELENG

Authors

  • KADEK RIA INDRIANI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) insersi pendidikan karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang, (3) evaluasi pembelajaran berinsersi pendidikan karakter, dan (4) monitoring dari pihak sekolah terkait insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang. Subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas X Bahasa Budaya di SMA N 2 Gerokgak dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, análisis dokumen, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru bahasa Jepang SMA N 2 Gerokgak masih belum mampu menginsersi pendidikan karakter dalam komponen rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang. Guru pun belum mampu mengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran berinsersi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran. Guru mampu membuat asesmen yang berinsersi pendidikan karakter namun belum mampu mengimplementasikannya ke dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan monitoring yang tidak tersistem dari kepala sekolah dan pengawas sekolah.
Kata Kunci : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) insersi pendidikan karakter dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang, (3) evaluasi pembelajaran berinsersi pendidikan karakter, dan (4) monitoring dari pihak sekolah terkait insersi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jepang. Subyek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas X Bahasa Budaya di SMA N 2 Gerokgak dalam proses pembelajaran bahasa Jepang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, análisis dokumen, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru bahasa Jepang SMA N 2 Gerokgak masih belum mampu menginsersi pendidikan karakter dalam komponen rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang. Guru pun belum mampu mengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran berinsersi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran. Guru mampu membuat asesmen yang berinsersi pendidikan karakter namun belum mampu mengimplementasikannya ke dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan monitoring yang tidak tersistem dari kepala sekolah dan pengawas sekolah.

この論文の目的は(1)教案にキャラクター教育を挿入すること、(2)日本語学習におけるキャラクター教育の挿入実施、(3)キャラクター教育の挿入した学習の評価、(4)学校側の日本語学習にキャラクター教育を挿入した際のモニトリングを知ることである。研究の対象はグロクガク国立第二高等学校日本語指導者と言語コース十年生である。データはアンケート、インタビュー、文書解析、監察、それを定性的技術法により分析した。研究の結果、指導者が教案にキャラクター教育を挿入することがまだ不充分である。その実施もまだ不充分である。指導者はキャラクター教育挿入以前の教材に重点をおいているため評価することができる。でも実施がまだ不充分である。これは校長と学校の監督者がモニトリングをシステムをまだ確立できていないためと考えられる。
keyword : キャラクター教育、定性的記述

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles