PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPB I SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • KOMANG WIDIARSANA .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4244

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membuat karangan berbahasa Jepang siswa kelas XI IPB I SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan word square dapat meningkatkan kemampuan membuat karangan berbahasa Jepang, (2) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan word square dalam pelajaran Bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB I di SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 33 siswa Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengarang Bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas dalam tes mengarang yaitu 69,5 pada siklus I menjadi 79,24 pada siklus II, (2) pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan word square untuk meningkatkan kemampuan mengarang Bahasa Jepang siswa mendapatkan respon yang positif. Sebagian besar dari mereka merasa senang dan tertarik selama mengikuti pembelajaran, karena dengan model pembelajaran ini siswa dapat belajar bersama dengan teman dan dengan penggunaan word square siswa termotivasi untuk mempelajari Bahasa Jepang.
Kata Kunci : mengarang, metode cooperative learning tipe STAD, word square

この研究の目的は(1)2013ねんせいシンガラジャ国立第三高等学校言語コース11年生一組の 「ワードスクエア」、を使用 するSTAD学習法に よる日本語作文力の向上を知る。(2)同校学習者のこの学習法に対する反応を知ることである。この研究の対象は、2013年度シンガラジャ国立第三高等学校言語コース11年生1組の生徒33名である。データは視察、テスト、インタビューにより収集し、定性的定量的記述法により分析した。この研究のけっか、(1)STAD学習法によって学習者の日本語作文力は向上でする。これは第一周期終了時のテスト平均点が69,5点だったのに対し。第二周期終了時では79.24点に上昇したことからいえる。(2)「ワードスクエア」を使用STAD学習法に対する学習者の反応は良かった。ほとんどのがくしゅ者が興味を持って従業に臨み。学習者同時で学習でき、日本語学習に対する積極性が生まれた。
keyword : 作文、STAD 学習法、ワードスクエア

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles