PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X BAHASA DAN BUDAYA 2 DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • IDA AYU MIRAH PRABANI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4245

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Jepang melalui penerapan metode cooperative learning tipe snowball throwing dengan berbantuan media audiovisual, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode cooperative learning tipe snowball throwing dengan berbantuan media audiovisual dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Bahasa dan Budaya 2 di SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes lisan, kuesioner, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan metode cooperative learning tipe snowball throwing dengan berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas dalam tes lisan sebesar 76,89 pada siklus I menjadi 85,48 pada siklus II, (2) pembelajaran dengan menerapkan metode cooperative learning tipe snowball throwing dengan berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa mendapatkan respon yang positif. Sebagian besar dari mereka merasa senang dan tertarik selama mengikuti pembelajaran, karena selain melatih kemampuan berbicara, siswa juga mendapatkan banyak pengetahuan baru dari VCD pembelajaran yang ditampilkan.
Kata Kunci : kemampuan berbicara, metode cooperative learning, snowball throwing, VCD pembelajaran

この研究の目的は、(1) 視聴覚教材によるスノウボールスローインググループ学習法が学習者の日本語会話力を向上させるか、(2) この学習法に対する学習者の反応を知ることである。この研究の対象はシンガラジャ国立第三高等学校言語文化コース10年生2組の生徒27名である。データは、視察、筆記テスト、アンケート、インタビューにより収集した。分析には、定性的定量的記述法を用いた。研究の結果、(1) 視聴覚教材によるスノウボールスローインググループ学習法は、学習者の日本語会話力を向上させる。これは第一週期終了時の筆記テストの平均点が76,84点だったのに対し第二週期終了時の平均点は85,48点に上昇したことからいえる。(2) この学習法を用いた場合の学習者の反応は良かったといえる。ほとんどの学習者が興味を持って授業に臨みまた会話力以外にも視聴覚教材から知識を得られると考えていた。
keyword : 会話力、グループ学習法、スノウボールスローイング、VCD学習

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles