PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • A.A. RATIH WIJAYANTI .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode Sugestopedia untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2013/2014, (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan metode Sugestopedia dalam pembelajaran bahasa Jepang, dan (3) mengetahui kendala – kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Sugestopedia dalam pembelajaran bahasa Jepang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Sukasada yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) hasil tes kosakata pada siklus I nilai rata – rata siswa kelas X2 adalah 77,75, dan meningkat pada siklus II menjadi 88,42, (2) respon siswa pada penerapan metode Sugestopedia adalah positif dan sangat positif. Pada siklus I dan siklus II respon positif siswa kelas X2 diatas 75 % yaitu sebesar 100 %. Berdasarkan rata – rata respon siswa kelas X2, pada siklus I respon siswa termasuk dalam kategori positif, sedangkan pada siklus II termasuk pada kategori sangat positif. (3) kendala yang dihadapi pada siklus I adalah siswa merasa sulit menghafalkan kosakata bahasa Jepang, kekurangan waktu dalam penerapan metode Sugestopedia. Sedangkan pada siklus II kendala yang dihadapi adalah adanya siswa lain yang ribut dan sulitnya membedakan penulisan kosakata yang benar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan penerapan metode Sugestopedia dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Jepang.
Kata Kunci : Metode Sugestopedia, pemahaman kosakata, bahasa Jepang

この研究の目的は、(1)スカサダ国立第一高等学校10年生2組の日本語の語彙理解を向上させるためのスジェストペジアの方法(2)スジェストペジアの方法を教えた場合の学習者の反応(3)日本語学習における問題点を明らかにすることである。この研究の対象者はスカサダ国立第一高等学校10年生2組の20名である。調査データはテスト、授業視察、アンケート、インタビューにより収集し、分析は定性分析法と定量分析法を用いた。この調査の結果は以下の通りである。(1) 一回目のテストの平均点は77,75点 、二回目のテストの平均点は88,42点に向上した、(2)この方法を用いた場合の学習者の反応は良好そしてとても良好であった。一回目のアンケートでは75%以上の学習者が良好、二回目では100%学習者が良好と答えていた。このことより一回目は良好、二回目はとても良好の範疇に入れられる。(3)一回目の問題は言葉を覚えにくいと時間不足であった。二回目の問題点は他の学習者の声が邪魔になる、正しい表記が区別にくいと言うことであった。このことから、スジェストペジアの方法は語彙理解を向上させるために有効であると言える。
keyword : スジェストペジアの方法、語彙理解, 日本語

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles