ANALISIS IMPLEMENTASI INSERSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN

Authors

  • I NENGAH SERIASA .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4247

Abstract

OLEH I NENGAH SERIASA NIM 1312067034   ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis bagaimana guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Kubutambahan menginsersi pendidikan karakter dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran, (2) menganalisis implementasi perencanaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru tersebut di dalam kelas, (3) menganalisis bagaimana guru tersebut melakukan asesmen terhadap pembelajaran bahasa Jepang yang berinsersi Pendidikan Karakter, dan (4) menganalisis bagaimana sekolah melakukan monitoring terhadap implementasi pembelajaran bahasa Jepang yang berinsersi pendidikan karakter tersebut. Subyek penelitian yaitu guru bahasa Jepang dan peserta didik kelas XI IB di SMA Negeri 1 Kubutambahan. Data dikumpulkan dengan kuesioner, wawancara, análisis dokumen, dan observasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Kubutambahan belum mampu menginsersi pendidikan karakter ke dalam komponen rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bahasa Jepang. Guru juga belum mampu mengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berinsersi pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran. Guru juga kurang mampu membuat asesmen yang berinsersi nilai-nilai pendidikan karakter. Guru juga masih kurang dalam mengevaluasi pelaksanaan pembelajarang yang berinsersi pendidikan karakter. Hal ini dikarenakan kepala sekolah dan pengawas sekolah tidak pernah melakukan monitoring.
Kata Kunci : pendidikan karakter, deskriptif kualitatif

クブタムバハン第一国立高等学校日本語科における キャラクー教育を挿入と実施 イ・ヌンガー・セリアサ 用紙 この研究の目的は(1)教師はどうやって教案にキャラクター教育を挿入することを分析することである。(2)教室で教師の書いた教案の実施を分析することである。(3)キャラクター教育を挿入する評価を分析することある。(4)学校側のキャラクター教育を挿入する実施を分析することである。研究の対象者はクブタムバハン第一国立高等学校日本語指導者と言語コース11年生である。データはアンケート、インタビュー、文書解析、観察により収集し、データは定性的記述的により分析した。研究の結果、教師が教案にキャラクター教育を挿入するがまだ不充分である。実施もまだ不充分である。教師はキャラクター教育を挿入する評価がまだ不充分である。これは校長先生と学校のこもん がモニトリングをすることがないことである。
keyword : カラクター教育、定性的記述的

Published

2014-11-04

Issue

Section

Articles