PENGGUNAAN TEKNIK ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI ILMU BAHASA SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • KOMANG TRI RATNA PURNAMI .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd. .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektifitas teknik Role Play dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI Ilmu Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014, (2) respon siswa kelas XI Ilmu Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014 terhadap penggunaan teknik Role Play. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ilmu Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 38 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan teknik Role Play pada siswa kelas XI Ilmu Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, tes, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) hasil post test siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 71,58 dan meningkat pada post test siklus II menjadi 84,11 (2) respon siswa terhadap penggunaan teknik role play adalah positif. Pada siklus I, respon positif siswa mencapai 92,10% dan pada siklus II juga mencapai 92,10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa teknik role play dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Jepang.
Kata Kunci : Teknik Role Play, Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang

この研究の目的は、(1) シンガラジャ国立第四高等学校言語コース11年生の日本語の会話能力を向上させるためのロールプレイの教授法(2) 会話表現を使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象者はシンガラジャ国立第四高等学校言語コース11年生の38名である。この研究は実践研究である。研究のデータは 授業視察、テスト、アンケート、インタビューにより収集する。 この調査の結果は以下の通りである。(1) 一回目のテストの平均点は71,58点、二回目のテストの平均点は84,11点に向上した、(2) この教授法を用いた場合の学習者の反応は良好であった。一回目のアンケートでは92,10 %。二回目は92,10 %が使用効果を認めた。このことから、ロールプレイ法を用いる教授法は会話能力を向上させるために有効である。
keyword : ロールプレイ法、日本語会話能力

Published

2014-11-05

Issue

Section

Articles