PENGGUNAAN TEKNIK KOLABORASI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KARANGAN BAHASAJEPANG SISWA KELAS XI BAHASA DI SMA NEGERI 1 BEBANDEM TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • I KOMANG SURYA ASTIKA .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i1.4261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kualitas karangan bahasa Jepang pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bebandem denganteknik kolaborasi dan (2) untuk mengetahui respon siswa kelas XI Bahasadi SMA Negeri 1 Bebandem menulis karangan bahasa Jepang dengan teknik kolaborasi.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2013/2014, sebanyak 27 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, dan (3) kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes menulis karangan bahasa Jepang dengan menggunakan teknik kolaborasi menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas dalam tes menulis karangan dalam pre test adalah 73 menjadi 80 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan teknik kolaborasi dapat meningkatkan kualitas karangan bahasa Jepang, dan (2) siswa merasakan manfaat dari penggunaan model pembelajaran ini dalam pembelajaran menulis karangan bahasa Jepang yaitu dalam hal (1) kemampuan menulis menjadi lebih baik, (2) lebih mudah menemukan kesalahan karena berdiskusi dengan teman kelompok, (3) lebih bersemangat dan termotivasi untuk menulis karangan bahasa Jepang, (4) menumbuhkan rasa percaya diri dalam menulis sebuah karangan bahasa Jepang.
Kata Kunci : teknik kolaborasi, kualitas karangan, karangan berbahasa Jepang

この研究の目的は(1) ベバンデム国立第一高等学校11年生の協同作業による日本語作文の質の向上を知ること。(2) 同上学習者か協同作業を使用した場合の学習者の反応を知ることである。 この研究はクラス活動にあける2周期に湯たる調査である。調査の太守者は2013年度ベバンデム国立第一高等学校言語コース11年生の27名である。データは (1) 授業視察、(2) テスト、(3) アンケートにより収集した。またその分析は定性的および低量的記述法を使用した。 テストによる調査の結果は(1)予備テストの平均点は73点協同作業後一回目のテストの平均点は80 点、二回目のテストの平均点は86点であった。このことから協同作業によって日本語作文の室を高められることがわかる。(2)学習者は日本語の作文を書く世ての学習法が効果があると感じている。それは1)表記能力が高める。2)グループで話し合うことにより間違いを簡単に見つけられるということか言える。3)日本語作文を 書く意欲が 強くなった。4)日本語作文を 書く自身が芽生えてきた。
keyword : 協同作業法、日本語作文の質, 日本語の作文

Published

2014-11-05

Issue

Section

Articles