Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Bahasa Jepang di Masa Pandemi Covid-19 SMA Negeri 1 Batu

Authors

Keywords:

Pendidikan Karakter, Bahasa Jepang, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa SMA melalui pembelajaran bahasa Jepang yang dilakukan secara daring di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan penyajian data deskriptif. Pengambilan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diperkuat dengan literatur terkait pendidikan karakter. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru Bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Batu telah menginternalisasikan 14 dari 18 nilai-nilai karakter sesuai Kurikulum 2013 pada saat pembelajaran. Sedangkan 4 karakter seperti peduli sosial, cinta damai, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air diinternalisasikan ketika guru menyisipkan cerita tentang kebudayaan Jepang dengan menyesuaikan tema materi yang sedang dipelajari. Guru mengelaborasi nilai-nilai karakter dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan persuasif agar siswa mampu menghayati nilai-nilai karakter yang dimaksudkan. Sebagaimana tujuan pendidikan adalah bagaimana mencetak generasi  tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga sikap yang baik dan dengan kecakapan yang dibutuhkan dalam mengarungi hidup di masyarakat.

Author Biographies

Nurica Virdaus, Brawijaya University

Student of Japanese Language Education, Faculty of Cultural Sciences, Universitas Brawijaya.

Ulfah Sutiyarti, Brawijaya University

Lecturer of Japanese Language Education, Faculty of Cultural Sciences, Universitas Brawijaya.

Rini Wahyuningsih, SMAN 1 Batu

Teaching Japanese Language at SMAN 1 Batu Kota Batu

References

Annisa, F. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan., vol. 10, no.1, 2019. [online]. Availabe: https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/view/3102/1677

Antama, F, Zuhdy, M, & Purwanto, H. "Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta". Jurnal Penegakan Hukum Dan Keadilan., vol. 1, no.2, 2020. [online] Available: https://journal.umy.ac.id/index.php/jphk/article/view/9256

Azzahrah, F, Setiawan, B, & Supana, S. "Internalisasi Nilai Religius Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Muatan Lokal Bahasa Jawa Di Lembaga Pendidikan Islam". EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan., vol. 1, no. 3, pp. 321–330, 2018.

Handarini, O. I, & Wulandari, S. S. "Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH)". Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)., vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.

Harisudin, M. I. 2019. "Secuil Esensi Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa". in Indonesia Bandung: PT Panca Terra Firma.

Hidayat, Wahyu; Dwiasih, R. 2017. Desain Pengembangan Budaya Agama di Sekolah/ Madrasah Sebagai Reaktualisasi Nilai Nilai Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017. Available: http://hdl.handle.net/11617/10777

Hidayat Wahyu, Jaurina Mutiara, Rahayu Tri, W. S. 2019. Internalisasi Pendidikan Karakter pada Cerpen Persahabatan Karya Sori Siregar untuk Siswa SMA. Posiding Seminar Nasional Pendidikan Edisi Oktober 2019, hlm. 172–179.

Julaiha, S. 2014. Implementasi Pendidikan karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Ilmu, 14. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Kusnoto, Y. 2017. "Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan". SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, vo. 2 no. 1. [online]. Available: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/sosial.v4i2.675

Musbikin, I. 2021. Pendidikan Karakter Jujur. Nusa Media.

Musbikin, I. 2021. Penguatan Karakter Kerja Keras, Demokratis, dan Kreatif. Nusa Media.

Narwanti, S. 2012. Pendidikan Karakter. Relasi Inti Media.

Nuryani; Sari, N. 2018. "Internalisasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)". Jurnal Forum Ilmu Sosial, vol. 4 no. 2.

Krisniati P, D. 2021. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Anime Jepang Chibi Maruko-chan: Itaria Kara Kita Shounen 「イタリアから来た少年」.Univeristas Brawijaya. Skripsi

Saifudin, M. F. 2015. Optimalisasi Apersepsi Pembelajaran Melalui Folklor Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers.

Downloads

Published

2022-11-25