Persepsi Siswa Terhadap Media Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Video Youtube

Authors

  • Shelly Nurseptiani Universitas Negeri Semarang
  • Andy Moorad Oesman Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Persepsi, YouTube, Media Pembelajaran, Bahasa Jepang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap video YouTube yang digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Jepang di SMAN 16 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui metode angket dengan menggunakan kuisioner hasil adaptasi dari kuisioner penelitian Ildi Kurniawan (2019) yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Kuisioner terdiri dari tiga indikator yaitu aksesibilitas media, kegunaan media, dan kepraktisan media. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan rumus statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa persepsi siswa terhadap media pembelajaran bahasa Jepang berbasis video YouTube termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rata-rata persentase keseluruhan indikator sebesar 80.76%.

Author Biography

Andy Moorad Oesman, Universitas Negeri Semarang

Pengajar di S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang

References

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2019.

A. D. Prasetio, “Persepsi Siswa Terhadap Modul Nihongo Kyoukasho Sebagai Bahan Ajar Bahasa Jepang Kelas X IPA IPS SMAK YSKI Semarang,” Univesitas Negeri Semarang, 2019.

A. I. Oktavianti, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Aplikasi Kamus Elektronik Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang,” J. Hikari, vol. 5, no. 2, pp. 541–550, 2021.

A. Naimah, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Video Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran Skripsi,” 2020.

D. Fahmi, Persepsi: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstruksi Berpikir Kita, 1st ed. Yogyakarta: Psikologi Corner, 2020.

E. F. Setiadi, A. Azmi, and J. Indrawadi, “Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial,” J. Civ. Educ., vol. 2, no. 4, pp. 313–323, 2019, doi: 10.24036/jce.v2i4.135.

I. Kurniawan, “Student’s Perception on The Use of Youtube as A Learning Media to Improve Their Speaking Skill,” Int. Semin. Annu. Meet. BKS-PTN Wil. Barat, vol. 1, no. 1, pp. 324–329, 2019.

I. Widyantara and I. Rasna, “Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Indones., vol. 9, no. 2, pp. 113–122, 2020.

L. Sofyana and A. Rozaq, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 1, p. 81, 2019, doi: 10.23887/janapati.v8i1.17204.

N. P. E. Ernawati, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video YouTube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja,” Stilistika, vol. 9, no. 1, pp. 92–106, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4295628.

N. Suryani, A. Setiawan, and A. Putria, Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, 1st ed. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.

O. I. Handarini and S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19,” J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 8, no. 3, pp. 465–503, 2020.

R. Lestari, “Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris,” in Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 2017, pp. 607–612.

R. P. Tutiasri, N. K. Laminto, and K. Nazri, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Komunikasi, Masy. dan Keamanan, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2020.

T. Sutarti and W. Astuti, “Dampak Media Youtube Dalam Proses Pembelajaran Dan Pengembangan Kreatifitas Bagi Kaum Milenial,” Widya Aksara J. Agama Hindu, vol. 26, no. 1, p. 6, 2021.

Z. M. Rosyid, H. Sa’diyah, and N. Septiana, Ragam Media Pembelajaran, 1st ed. Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Downloads

Published

2022-11-25