ANALISIS PENGGUNAAN PRONOMINA PERSONA BAHASA JEPANG (NINSHOO DAIMEISHI) DALAM MANGA GET BACKERS VOLUME 31, 32 DAN 33 (SATU ANALISIS PRAGMATIK)

Authors

  • Putu Wahyu Dianny Wijayanti .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pronomina persona bahasa Jepang serta penggunaannya yang terdapat dalam manga Get Backers volume 31, 32 dan 33. Subjek dalam penelitian ini adalah manga Get Backers volume 31, 32 dan 33, sedangkan objek penelitiannya adalah pronomina persona yang terdapat dalam manga tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumen, dimana data yang digunakan adalah karya seni berupa manga. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman yang dilakukan dengan aktivitas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 10 pronomina persona pertama (jishoo) dalam bentuk tunggal dan 12 pronomina persona pertama (jishoo) dalam bentuk jamak. Selain itu, terdapat 7 pronomina persona kedua (taishoo) dan 7 pronomina persona ketiga (tashoo) dalam bentuk tunggal serta 7 pronomina persona kedua (taishoo) dan 5 pronomina persona ketiga (tashoo) dalam bentuk jamak. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan pronomina persona dalam manga ini, diantaranya perserta tutur (participants), tempat dan situasi (settings) serta maksud/tujuan dari sebuah pertuturan (ends). Selain itu, sifat dan karakter tokoh dalam manga juga menjadi faktor yang paling mempengaruhi penggunaan pronomina persona, bahkan terdapat pronomina persona khusus yang digunakan oleh tokoh manga untuk menyebut dirinya maupun lawan tutur. Dalam hubungannya dengan peserta tutur, faktor keakraban, usia, hubungan sosial, status sosial, jenis kelamin, serta hubungan uchi dan soto menjadi faktor yang mempengaruhi penggunaan pronomina persona dalam manga ini.
Kata Kunci : pragmatik, pronomina persona, manga Get Backers

この研究の目的は、漫画「ゲット・バッカーズ『GB』」第31、32、33話の中で使用される人称代名詞の種類および意味を明らかにすることである。この研究は、漫画「ゲット・バッカーズ『GB』」第31、32、33話で使用される人称代名詞を対象とした。データは、資料として漫画を使用し、資料精査により収集した。これを「Miles & Huberman」法により定性的に分析した。この研究の結果、『GB』漫画に使われる人称代名詞は、一人称単数形が10例、一人称複数形が12例であった。その他、二人称単数形が7例、三人称単数形も7例、そして、二人称複数形が7例、三人称複数形が5例であった。『GB』漫画の人称代名詞の使用に影響した要因は、会話をしている人、背景、それに話の目的が挙げられる。その他、登場人物の性格も人称代名詞の使用に最も影響した要因である。更に自分と相手を描写する場面で『GB』漫画だけで使用される特別な人称代名詞がある。会話をしている人間関係の中に、親密な間柄、年齢、社会的関係、社会的地位、セックス、そして内、外の関係が、『GB』漫画の中で使用される人称代名詞に影響している要因と考えられる。
keyword : 語用論、人称代名詞、漫画「ゲット・バッカーズ」

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles