MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HIRAGANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS X ILMU BAHASA DAN BUDAYA 2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Made Diah Arawinda Sari .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan menulis hiragana pada siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya 2 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya 2 SMA Negeri 3 Singaraja terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dalam pembelajaran bahasa Jepang khususnya menulis hiragana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya 2 SMA Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, angket, dan wawancara. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada siklus 1 hasil tes menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa yaitu 61,11% dan meningkat pada siklus II menjadi 88,89% (2) respon siswa pada siklus I dan siklus II yaitu lebih dari 75% siswa memberikan respon positif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan menulis hiragana siswa.
Kata Kunci : Menulis, Hiragana, Teams Games Tournament

この研究の目的は、(1)2015年度シンガラジャ国立第三高等学校言語文化コース10年生2組の『チームスゲームストーナメント』グルプ学習法を使用によって向上しているか。(2)この学習法を使用した際の学習者の反応を知っていることである。この研究は教室実践活動調査である。研究対象は2015年度シンガラジャ国立第三高等学校言語文化コース10年生2組36名である。データはテスト、授業観察、アンケート、インタビュー より収集し、分析法は定性分析法と定量分析法を用いた。この調査の結果は以下の通りである。第一周期終了時の標準を越えた割合は61,11%であった。第二周期終了時の標準を越えた割合は向上させる、88,89%になった。この学習法に対する学習者の反応は75%以上が良好であると答えていた。このデータから、『チームスゲームストーナメント』グルプ学習法は学習者のひらがな表記能力向上させるために有効であるといえる。
keyword : 表記、ひらがな、チームスゲームストーナメント

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles