Penggunaan Aplikasi Edukasi Bahasa Jepang Ja sensei untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Katakana pada Siswa Kelas X.7 SMAN 1 Sawan Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Putu Sartika .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kemampuan menulis Katakana dengan menggunakan aplikasi edukasi bahasa Jepang “Ja sensei” (2) mengetahui kendala serta respon siswa terhadap pembelajaran dengan aplikasi edukasi bahasa Jepang “Ja sensei”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.7 SMAN 1 Sawan tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 23 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode (1) tes, (2) kuesioner atau angket, (3) observasi dan (4) wawancara dengan teknik analisis data berupa data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan nilai rata-rata siswa pada hasil tes awal adalah 51,7 menjadi 82,3 pada siklus I dan 87,6 pada siklus II. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi edukasi bahasa Jepang “Ja sensei” dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf Katakana. Dari hasil analisis kuesioner atau angket bahwa hampir seluruh responden berpendapat jika penggunaan aplikasi edukasi bahasa Jepang “Ja sensei” dapat membantu siswa untuk meningkatkan penguasaan huruf dan menulis huruf yang benar serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kendala yang dihadapi siswa dari hasil wawancara adalah peletakan media, mengingat huruf dan waktu menulis huruf yang kurang pada siklus I dan mengingat huruf pada siklus II.
Kata Kunci : Aplikasi Ja sensei, Katakana, Kemampuan Menulis

この研究の目的は(1)日本語のアプリケーション「じゃ先生」を使用し,カタカナの表記能力を向上させることの実証, (2)この日本語のアプリケーション「じゃ先生」を使用した場合の学 習者の反応および問題点を明らかにすることである。この研究の対象は2014年度サワン国立弟一高等学校 10年生7組の23名である。データは (1)テスト、(2)アンケート, (3)授業観察, (4)インタビューにより収集し, それを定性的記述法および 定量的に分析した。この研究の結果はよびテストの平均点が51,7点、第一周期終了後のテスト平均点は82,3点、第二周期終了後は87,6点であった。日本語のアプリケーション「じゃ先生」を使用した際の学習者のカタカナ表記能力は向上したことがわかった。またアンケートでは学習全員が, 日本語のアプリケーション「じゃ先生」の使用が習得および正しい文字をかける能力を向上させるために役立ち、興味を持って学習できると回答した。インタビューにより問題点として第一周期終了後では機材の配置、表記時間の不足、覚える文字の量が挙げられ、第二周期終了後は覚える文字の量のみが挙げられる。
keyword : 日本語のアプリケーション「じゃ先生」, カタカナ, 表記能力

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles