PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 1 SELEMADEG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5340Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran induktif kata bergambar terhadap peningkatan kemampuan menulis karangan (sakubun) siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Selemadeg semester genap tahun ajaran 2014/2015 (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran induktif kata bergambar. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Selemadeg yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, tes dan kuesioner. Hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terjadi peningkatan rata - rata nilai kelas dalam tes mengarang dari hasil pre-test yaitu 57.7 menjadi 80.3 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 85.2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran induktif kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan, dan (2) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran induktif kata bergambar adalah baik. Selama pelaksanaan dua siklus, siswa merasakan manfaat dari penerapan model pembelajaran ini dalam pembelajaran, yaitu dalam hal (1) siswa terbantu dalam hal pemahaman kosakata dan pola kalimat (2) mampu memunculkan ide-ide kreatif (3) kemampuan menulis karangan menjadi lebih baik.Kata Kunci : kemampuan menulis karangan, karangan bahasa Jepang, model pembelajaran induktif kata bergambar.
この研究の目的は、(1)2014年度後期スルマデグ国立第一高等学校理系コース 11年生4組の語彙画像誘導学習法による日本語作文能力の向上をしること、(2)授業内でこの学習法を使用した場合の同上学習者の反応を明らかにすることである。研究対象は、2014年度後期スルマデグ国立第一高等学校理系コース11年生4組20名である。データは、授業観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究は2周期渡る授業実践活動調査である。この研究結果は次の通りである。(1)予備テストの平均点が57.7点、第一周期後の平均点は80.3点、第二周期後の平均点は85.2点であった。このことから日本語作文における語彙画像誘導学習法は、学習者の能力を向上させることがわかった。(2)この学習法に対する学習者の反応は良かった。学習者は二周期に渡る学習法の利用が、有効であると感じている。それは(1)語彙力、文法力の向上、(2)想像力の向上、(3) 作文能力の向上である。
keyword : 作文能力、日本語作文、語彙画像誘導学習法。
Published
2015-07-22
Issue
Section
Articles