PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN VARIASI SCRAMBLE CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS X-7 SMA LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014-2015

Authors

  • Kadek Lusia Andary .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan variasi scramble card untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa, dan (2) mengetahui respons siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan variasi scramble card. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Laboratorium Undiksha Singaraja tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) angket/kuesioner, dan (3) tes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata dalam tes penguasaan kosakata dari hasil pre-test 63,4 menjadi 78,2 pada siklus I dan 83,2 pada siklus II, (2) respons siswa secara keseluruhan berada pada kriteria baik, dimana perolehan skor rata-rata respons siswa pada siklus I adalah 41,72 dan pada siklus II adalah 43,24. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan variasi scramble card dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa.
Kata Kunci : make a match, scramble card, penguasaan kosakata bahasa Jepang

この研究の目的は、(1)学習者の日本語語彙力を向上させるためのスクランブルカードを使用したMake a Matchグループ学習法の使用状況, (2)この学習法を使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究は2周期に渡る実践調査である。この調査の対象は、2014年度シンガラジャガネシャ教育大学附属高等学校10年生7組の25名である。データは授業観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定量的および定性的記述法により分析した。この研究の結果は次の通りである。(1)この学習法を使用する前のプレテストの平均点が63,4点、第一周期終了後のテスト平均点は78,2点、第二周期終了後は83,2点であった。(2)この学習法を利用した期間の学習者の反応は、アンケートから第一周期終了後は41.72ポイント、第二周期終了後は43.24ポイントで良好に分類される。この結果、この学習法が、学習者の日本語語彙力の向上のため効果があるといえる。
keyword : Make a Match、スクランブルカード、日本語語彙力

Published

2015-07-22

Issue

Section

Articles