PENERAPAN TEKNIK DRILL BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI IBB DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5342Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membuat kalimat bahasa Jepang dengan penerapan teknik drill berbantuan media mystery box, serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek siswa kelas XI IBB di SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015, berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terjadi peningkatan rata- rata klasikal dari hasil pre-test yang hanya 43, meningkat menjadi 87 pada post-test siklus I, dan meningkat menjadi 95 pada post-test siklus II, persentase ketuntasan klasikal dalam saat pre-test sebesar 3,0% menjadi 84,9% pada post-test siklus I, dan 100% pada post-test siklus II, (2) seluruh siswa memberikan respon yang positif, dibuktikan dengan jumlah rata-rata siswa yang memberikan respon adalah 41 pada siklus I dan 43 pada siklus II sehingga menurut tabel kategori dapat dikategorikan ke dalam respon positif. Hasil respon siswa menyatakan setuju bahwa, penerapan teknik drill berbantuan media mystery box dapat meningkatkan kemampuan siswa membuat kalimat.Kata Kunci : teknik drill, media mystery box, kemampuan membuat kalimat
この研究の目的は、日本語文型作文能力を高めるため『ミステリーボックス』を使用するドリル学習法の運用について、また、この方法を使用した際の学習者の反応を知ることである。この研究は、2周期に渡る教室実践研究であり、調査対象は、2014年度シンガラジャ国立第四高等学校言語文化コース11年生33名である。データは観察記録用紙、テスト、アンケートにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。研究の結果、この学習法使用する前のプレテスト平均点は43点、第一周期終了後のテスト平均点は87点、第二周期終了後は95点であった。また、プレテストにおいて標準を超えた学習者の割合は3,0%、第一周期終了後のテストで84,9%、第二周期終了後で100%であった。また、この練習法を使用した学習者の反応は、とても良好の範疇に入ることから言える。これは、第一周期終了後のアンケート集計が41ポイント、第二周期終了後のそれが43ポイントで、これらは良好の範疇に入ることから言える。ミステリーボックスを使用するドリル学習法は、文型作文能力を向上させる効果があると答えていた。
keyword : ドリル学習法、ミステリーボックス、文型作文能力
Published
2015-07-22
Issue
Section
Articles