KEMAMPUAN PEMELAJAR BAHASA JEPANG SMAN 3 MALANG KELAS XI MIPA DALAM MELAFALKAN BUNYI VOKAL PANJANG (CHOUON)

Authors

  • Ayu Yulia Mulianti Mahasiswa
  • Febi Ariani Saragih Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i1.53569

Keywords:

vokal panjang bahasa Jepang, kemampuan, pelafalan

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya kesalahan berbahasa Jepang siswa dalam pelafalan vokal panjang yang terdapat pada kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pelafalan kosakata yang mengandung chouon pada siswa kelas XII MIPA SMAN 3 Malang tahun angkatan 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penilian ini berjumlah 62 orang yang diambil dari tugas membuat video wawancara kd 3.1 dengan tema hima na toki pada pada dua kelas XII MIPA, yaitu: XII MIPA A, B, D, E (25 orang), XII MIPA H, I, J (37 orang). Namun sampel penilian ini hanya mengambil beberapa tugas yang telah di kerjakan oleh siswa dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analis data, yang telah diuraikan diketahui enam hal sebagai berikut. Pertama, kemampuan melafalkan kosakata yang mengandung chouon siswa kelas XII MIPA SMAN 3 Malang secara keseluruhan dengan nilai rata-rata diberikan oleh validator adalah 2 dengan kualifikasi sangat kurang. Kedua, diketahui kemampuan mendengar goi yang mengandung chouon ee dan uu dengan nilai rata-rata diberikan oleh validator adalah 2. Dengan beigini dapat disimpulkan bahawa kemampuan melafalkan bunyi vokal panjang pada siswa masih terhitung sangat kurang. Terbukti dari total 14 siswa kegita validator sebanyak 85% memberikan penilaian 2. Seperti yang di sebutkan sebelumnya penilaian 2 berati pelafalan kurang jelas, sulit dipahami.

References

R. Febriyanti dan A. Indrowaty, Sri, “Pelafalan Bunyi Panjang Bahasa Jepang Pada Mahasiswa, Pengajar, dan Penutur Asli Bahasa Jepang Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya,” Educate, vol. 4, no. 1, 2015.

D. Sutedi, Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora Utama Press, 2003.

M. Arif. Z. Fadhilah dan D. Hendri.Yani, “Kemampuan Mendengar Goi Yang Mengandung Chouon Pada Siswa Kelas X Sma Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang.,” Japanese Language Teaching Volume 2 No.1, 2019.

A. Sholikhah, “Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif ,” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, , hlm. 342–362, 2016.

H. A. Manab, “Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif,” Kalimedia. 2015.

L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 2018.

D. Sutedi, Dasar-dasar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung : Humaniora Utama Press, 2003.

W. Styler, “Using Praat for Linguistic Research.” Boulder Phonetics Lab, - cs.colombia.edu, University of Colorado, 2017.

S. Dahidi, Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc, 2004.

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S, Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1991.

Downloads

Published

2023-02-21