KETERTARIKAN TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MELALUI LIRIK LAGU JPOP

Authors

  • Ivana Sulaiman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i1.54130

Keywords:

Lirik lagu, Pembelajaran

Abstract

Dalam era globalisasi, penyebaran bahasa pun kian pesat dan ini menyebabkan ketertarikan khalayak umum dalam mempelajari bahasa Jepang. Tetapi di sisi lain, pembelajaran bahasa dapat dibilang membosankan alih-alih terlihat mengasyikkan, yang mana ini akan dapat menyebabkan turunnya motivasi pelajar dalam mempelajari bahasa yang diinginkan. Salah satu bahasa yang cukup diminati adalah bahasa Jepang, dan ini menjadi peer tersendiri bagi guru untuk berpikir secara kreatif agar dapat mempertahankan motivasi murid dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yang turut mengadakan survey untuk melihat tingkat ketertarikan khalayak umum terhadap pembelajaran bahasa Jepang melalui media lirik lagu. Hasil dari penelitian ini adalah, khalayak umum tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang melalui lirik lagu.

References

Badriawan, “Kekeliruan Menulis Huruf Katakana Pada Siswa Kelas 11 IPS SMAN 1 Boyolangu. Hikari, vol. 5, no. 2, 2021.

Bakar, "Pemanfaatan Lagu sebagai Implementasi Model Pakem pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar." Eduhumaniora, vol. 3, no. 2, Jul. 2011.

Deriska, “Efektivitas Media Lagu Dalam Meningkatkan Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Temanggung,” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Tidak dipublikasikan, 2011.

Imelda, ¨Penggunaan Huruf Kanji Oleh Pembelajar Bahasa Jepang Di Program Studi Sastra

Jepang Universitas Hasanuddin,” Kagami, Vol. 6, No 1, 2015.

Salsabil, J. Prasetyo, ¨Strategi Belajar Menulis Huruf Katakana Pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019,” Hikari, vol. 4, no. 2, 2020

Santoso, C. Mamoto, C., J., Sulhiyah. ¨Pengenalan Bahasa Jepang Melalui Lagu Anak Indonesia Versi Bahasa Jepang, “Bakti Humaniora, vol. 1, no. 1, Jun. 2021.

Sepwanda, D. Yani, ¨Persepsi Siswa Terhadap Card Sort Sebagai Media Pembelajaran Hiragana¨, Omiyage, vol. 4, no 1, 2021.

Setyorini, Mintarsih, “Pengembangan Media Lagu Dalam Penguasaan Kosakata Ikeiyoushi To Nakeiyoushi (Kata Sifat I-Keiyoushi Dan Na-Keiyoushi) pada Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1

Mojokerto tahun ajaran 2019/2020,” Hikari, vol. 5, no. 1, 2021.

Ubaid, ¨Penerapan Huruf Hiragana Pada Cerita Rakyat Momotarou Dalam Pembelajaran AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hiragana SMA,” Hikari, vol. 5, no. 2, 2021.

Winarso, J. Prasetyo, “Analisis Gaya Belajar Dalam Pembelajaran Huruf Hiragana pada Siswa SD Lab School Unesa Lidah Wetan¨. Hikari, vol. 4, no 2, 2020.

Downloads

Published

2023-02-21