PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KATA KERJA BENTUK TE (TE-KEI) TERHADAP SISWA KELAS XI IPB 1 SMA NEGERI 1 BANJAR.

Authors

  • Kadek Yuliantari .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan penguasaan kata kerja bentuk te (te-kei) pada siswa. 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Make a Match dalam proses pembelajaran kata kerja bentuk te (te-kei).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 1 SMA Negeri 1 Banjar pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi, angket serta wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai siswa sebelum diadakan tindakan adalah 49,50 dengan ketuntasan 0%, pada siklus 2 terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa yaitu 72 dengan ketuntasan 51% dan pada siklus II 81,62 dengan ketuntasan 100% (2) respon siswa sangat positif terhadap strategi pembelajaran Make a Match. Penerapan strategi pembelajaran Make a Match efektif untuk meningkatkan penguasaan kata kerja bentuk te (te-kei) pada siswa.
Kata Kunci : penguasaan, te (te-kei), Strategi Pembelajaran Make a Match

この研究の目的は(1)「Make a Match」学習法による学習者の動詞て形の使用能力の向上を知ること。2)この学習法を用いた場合の学習者の反応を反応明示することである。この研究の対象は、バンジャル国立第一高等学校言語コース11年生35名である。また調査は二周期に渡る実践研究である。データはテスト、授業視察、アンケート、インタビューにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。研究の結果(1)このストラテジーを使用する前の予備テストの平均点が49,5点 基準を越えた割合は0%、第一周期終了後の平均点が 72点基準を越えた割合は51%、第二周期終了後の平均点が 81.62点 基準を越えた割合は100%。(2)アンケートによる調査では、学習者の反応は良好であった。以上のことから、「Make a Match」学習法は学習者の動詞て形の使用能力を高めるため有効であるといえる。
keyword : 使用能力, 動詞て形、「Make a Match」学習法

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles