PENILAIAN AUTENTIK GURU BAHASA JEPANG DALAM PEMBELAJARAN MENGARANG SISWA KELAS XI UPW DI SMK NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Ni Kadek Novia Sukaningsih .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik guru bahasa Jepang kelas XI UPW di SMK N 1 Singaraja dalam pembelajaran mengarang , (2) mendeksripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru bahasa Jepang kelas XI UPW di SMK N 1 Singaraja dalam melakukan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang kelas XI UPW di SMK Negeri 1 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian guru bahasa Jepang pada pembelajaran mengarang kelas XI UPW di SMK Negeri 1 Singaraja menggunakan teknik tes yang berupa tanya jawab dan unjuk kinerja dan teknik nontes berupa portofolio. Itu berarti penilaian sudah dilaksanakan secara autentik. Kendala-kendala yang dialami guru bahasa Jepang dalam pelaksanaan penilaian autentik antara lain: (1) kesulitan dalam mengelola waktu, (2) kesulitan mengelola situasi kelas yang tidak kondusif, (3) fasilitas dan sarana prasarana yang kurang mendukung, dan (4) kurangnya penguasaan guru terhadap sistem penilaian yang dilaksanakan. Kendala-kendala ini dikarenakan penilaian autentik sangatlah kompleks yang menuntut keseimbangan penilaian antara pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Kata Kunci : Penilaian, Autentik, Pembelajaran, Mengarang

この研究の目的は、(1)シンガラジャ国立第一実業高等学校観光コース11年生の日本語指導者の作文学習における正当的な活動評価をすること、(2)同校の日本語指導者が直面する問題点を評価することである。この研究は、定性的記述調査である。研究の対象は、シンガラジャ国立第一実業高等学校観光コース11年生の日本語指導者である。データは、授業観察、インタビュー、記録写真により収集し、それを定性的記述法により分析した。この研究の結果、同校日本語作文学習における指導者の評価活動は、課題提出評価によるもの、課題発表によるものがある。また、同校日本語指導者が抱える問題点として、(1)授業時間の管理、(2)学習者の授業態度、(3)学習設備の不備、(4)評価方式に対する指導者の認識不足が挙げられる。この問題は、この評価法が知識、態度、スキルの評価と見合っているものかどうか複雑になっているために起こると考えられる。
keyword : 評価、正当、学習、作文

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles