PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TATA BAHASA DASAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPB 5 SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Komang Try Ayu Candra Dewi .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5433

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman subjek dalam memahami tata bahasa dasar bahasa Jepang dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media audio-visual. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media audio-visual dalam meningkatkan kemampuan memahami tata bahasa dasar bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPB 5 SMA Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 45 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan lembar observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan (1) ketuntasan secara klasikal pada siswa sebelum dilakukannya tindakan adalah 15,56%, setelah dilakukan tindakan I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 33,33%, dan pada tindakan II adalah 80%. (2) Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif berbantuan media audio-visual pada siklus I 68,89% menunjukkan respon positif dan pada siklus II respon positif siswa meningkat menjadi 97,78%. Dengan demikian dapat ditarik simpulan bahwa strategi pembelajaran tersebut sangat efektif di terapkan dalam pemahaman tata bahasa dasar bahasa Jepang kepada subjek penelitian.
Kata Kunci : strategi pembelajaran kooperatif, media audio-visual, tata bahasa dasar, bahasa Jepang

この研究の目的は、(1)この視聴覚教材のグループ学習法によって学習者が日本語初級文法を理解しているかどうかを知ること。(2)この学習法にたいする学習者の反応を明らかにすることである。この研究は二周期に渡る実践調査である。研究の対象は2014年度カルヤウィサタ高等学校言語コース11年生5組の45名である。データは観察記録用紙、テスト、アンケートにより収集し。それを定性的および定量的記述法により分析した。研究の結果は、(1) この学習法を使用する前の標準値を越えた学習者の割合は15,56%、第一周期終了時では33,33%、第二周期終了時では80%であった。(2) この学習法を使用した学習者の反応は第一周期終了時が68,89%が良好、第二周期終了時が97,78%が良好であると答えた。以上のことから、この学習法は学習者の日本語初級文法理解の何よに有効であるといえる。
keyword : グループ学習法、視聴覚教材、初級文法、日本語

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles