PENERAPAN TEKNIK LATIHAN BERBANTUAN MEDIA TANOSHIMI NO KANJI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KANJI DASAR PADA SISWA KELAS XI IPB DI SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Wayan Sri Nuryani .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan menulis kanji dasar setelah diterapkan teknik latihan berbantuan media Tanoshimi no Kanji dan (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan teknik latihan berbantuan media Tanoshimi no Kanji. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siwa kelas XI IPB di SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun ajaran 2014/2015, berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) observasi, (2) tes, (3) angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) teknik latihan berbantuan media Tanoshimi no Kanji dapat meningkatkan kemampuan menulis kanji dasar siswa ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dalam tes dari hasil pre-test 45 menjadi 77 pada post-test siklus I dan 86 pada post-test siklus II, persentase ketuntasan klasikal meningkat dari hasil pre-test 6%, pada post-test siklus I 77%, pada post-test siklus II 91%, dan (2) siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran, dilihat dari nilai rata-rata respon siswa pada angket tertutup siklus I yaitu 31,74 meningkat pada siklus II yaitu 34,8 yang dapat dikategorikan positif. Sehingga pembelajaran dengan penerapan teknik latihan berbantuan media Tanoshimi no Kanji sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan menulis kanji dasar.
Kata Kunci : teknik latihan, tanoshimi no kanji, menulis, kanji dasar

この研究の目的は、(1) 基礎漢字表記能力を高めるため使用する、補助教材「楽しみの漢字」の効果を知ること、(2)この学習法を使用した学習者の反応を知ることである。この研究は2周期に渡る教室実践活動調査である。研究の対象は、2014年度クブタンバハン国立第一高等学校言語コース11年生の35名である。データは、授業観察用紙、質問アンケート、テストにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。研究の結果、(1) 基礎漢字表記能力は、この学習法により、大変向上したといえる。これは、 使用する前のプレテストの平均点が45点、第一周期終了後のテスト平均点は77点、第二周期終了後は86点であった。標準を越えた学習者の割合はプレステストは6%、第一周期終了後は 77%、第二周期終了後は 91%であった。(2)この練習法を使用した学習者の反応は、とても良好であった、これは、第一周期終了後のアンケート集計が31,74ポイント、第二周期終了後のそれが34,8ポイントで、これらは良好の範疇に入ることから言える。このことから、基礎漢字表記能力を向上させるため「楽しみの漢字」を補助教材として使用するのは、大変効果があるといえる。
keyword : 補助教材、 楽しみの漢字、表記、基礎漢字

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles