PENERAPAN TEKNIK DRILL BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HURUF KATAKANA SISWA KELAS X1 SMA KARYA WISATA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Gede Vera Perdana .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan huruf katakana siswa kelas X1 SMA Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2014/2015 melalui penerapan teknik drill berbantuan media kartu huruf, (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan teknik drill berbantuan media kartu huruf dalam meningkatkan penguasaan huruf katakana. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penguasaan siswa terhadap huruf katakana meningkat dilihat dari hasil Pre-Test menunjukkan kondisi awal siswa dengan persentase ketuntasan 7,5% dan rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 51,2. Setelah pelaksanaan siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 50%, dengan nilai rata-rata 70,55. Setelah pelaksanaan siklus II, persentase ketuntasan siswa adalah 100%, dengan nilai rata-rata 81,5 (2) Respons siswa setelah diterapkannya teknik drill berbantuan media kartu huruf pada siklus I tergolong positif dengan rata-rata 78,5%.. Sedangkan respons siswa setelah diterapkannya teknik drill berbantuan media kartu huruf pada siklus II juga tergolong positif dengan rata-rata 84%.
Kata Kunci : Teknik Pembelajaran, Teknik Drill, Media Kartu Huruf, Katakana

この研究の目的は、(1)もじカードをドリルテクニックの使用が学習者のカタカナ能力を向上させるために効果があるか、(2)カタカナ能力を向上させることでもじカードをドリルテクニックの使用に対する学習者の反応を明示することである。この研究は2周期に渡る実践研究である。研究対象は2014 年度シンガラジャカリャ・ウィサタ 高等学校10年生 1組の40名である。データの収集は、観察、テスト、アンケートで行った。また、データの分析は定性的および定量的記述法を使用した。この研究の結果は、(1)もじカードをドリルテクニックの使用は学習者の カタカナ能力を向上させた。これは 予備テストで標準を越えた学習者は7,5%で、平均が51,2だったのに対し、第一周期終了時では 50%、平均点が70,5点、第二周期終了時では100%, 平均点が81,5点に上がったことからいえる、(2)もじカードをドリルテクニックの使用に対する学習者の反応は良好であった。第一周期では学習者の反応の平均点は78,5%で、 良好であった。第二周期では学習者の反応の平均点は84%で、良好で あった。
keyword : 学習テクニック、ドリルテクニック、もじカード、カタカナ

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles