PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI A UPW SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Kadek Wiarta .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio-visual, (2) Mengetahui respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio-visual dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A UPW SMK Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio-visual dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yakni telah terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas dari hasil pre-test sebesar 54,7, kemudian pada post-test I menjadi 70.3, pada post-test II menjadi 78,9. (2) Respons siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan media audio-visual tergolong positif dengan skor rata-rata 41,69 pada siklus I dan 41,97 pada siklus II. Sebagaian besar siswa merasa terbantu dalam kegiatan pembelajaran. Disamping itu, siswa menjadi lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas.
Kata Kunci : Model pembelajaran discovery learning, Media Audio-visual, dan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang

この研究の目的は、(1) 視聴覚教材を使用したDISCOVERY LEARNING学習法による学習者の語彙力の向上、(2)この学習法を用いた場合の、学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は、2014年度シンガラジャ国立第一実業高等学校観光コース11年A組の36名である。データは、授業観察、質疑アンケート、およびテストにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果、(1) このDISCOVERY LEARNING学習法は、学習者の語彙力の向上の助けとなる。これは、プレテストのクラス平均点が54.7点だったのに対し、第一周期終了後のポストテストでは70.3点、第二周期終了後のポストテストでは78.9点になったことから言える。(2) また、この学習法に対する学習者の反応は、アンケートから第一周期終了後では41.69ポイント、第二周期終了後では41.97ポイントで良好であった。大半の学習者は、この学習法が効果があると答えていた。さらに、この学習法によって能動的、積極的に授業に参加するようになった。
keyword : DISCOVERY LEARNING学習法、視聴覚教材、語彙力

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles