Penerapan Strategi Guided Note Taking Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Penguasaan Kata Sifat Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IBB di SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015

Authors

  • Putu Arry Krisdayanthi .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.5438

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi Guided Note Taking berbantuan media audiovisual dalam meningkatkan penguasaan kata sifat bahasa Jepang siswa kelas XI IBB di SMA Negeri 1 Singaraja, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi Guided Note Taking berbantuan media audiovisual ini dalam pembelajaran kata sifat bahasa Jepang di kelas. Subjek penelitian ini adalah tujuh orang siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Singaraja pada tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilaksanakan dalam 3 siklus dan menggunakan metode observasi, pemberian angket dan tes serta wawancara, kemudian data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif akan dianalisis secara deskriptif. Perolehan rata-rata nilai siswa sebelum strategi ini digunakan di kelas, yakni pada pretest, adalah sebesar 39,7, kemudian setelah strategi Guided Note Taking ini dilaksanakan, yakni pada posttest siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 73,3. Pada posttest siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat menjadi 89,4 dan pada posttest siklus III pun nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 93,3. Dilihat dari data tersebut, penerapan strategi Guided Note Taking berbantuan media audiovisual dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan penguasaan kata sifat bahasa Jepang siswa. Kemudian, berdasarkan analisis angket yang dilakukan, seluruh siswa menyatakan bahwa penerapan strategi Guided Note Taking berbantuan media audiovisual ini menarik, dapat membantu mereka dalam mencatat, aktif dalam pembelajaran dan sangat membantu dalam meningkatkan penguasaan kata sifat bahasa Jepang mereka.
Kata Kunci : strategi Guided Note Taking, media audiovisual, penguasaan kata sifat bahasa Jepang

この研究の目的はシンガラジャ国立第一高等学校言語文化コース11年生日本語の形容詞の理解能力を高めるために視聴覚メディアを使用するGuided Note Taking 学習法の効果について、また、この学習法を使用した場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象者は、2014年度シンガラジャ国立第一高等学校言語文化コース11年生の7名である。データは三周期に渡り、観察、アンケート、テストおよびインタビューにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果、この学習法を使用する前の予備テストの平均点は37,9点、第一周期終了後のテストは73,3点であった。第二周期終了後のテストの平均点は89,4点、第三周期終了後のテストの平均点は93、3点であった。このことから視聴覚メディアを使用する「Guided Note Taking」学習法は学習者の形容詞理解能力 の向上に有効だと言える。アンケートにより、学習者はこの学習法の運用に興味を持ち、ノート記述が増えり、授業に積極的に参加でき、形容詞の理解能力を高めるためにとても効果があったという回答であった。
keyword : Guided Note Takingの学習法、視聴覚のメディア、日本語の形容詞 の理解能力

Published

2015-07-25

Issue

Section

Articles