Analisis Kontrastif Kosakata Bahasa Jepang dan Bahasa Korea dalam Buku Pelajaran Minna no Nihongo 1 dengan Seoul Korean Language 1A (Student’s Book)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v9i2.57992

Keywords:

analisis kontrastif, kosakata, bahasa jepang, bahasa korea

Abstract

Analisis kontrastif adalah analisis bahasa yang membandingkan dua bahasa dan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang kontras antara kedua bahasa. Bahasa Jepang dan bahasa Korea diduga berasal dari rumpun bahasa yang sama yang memiliki persamaan dalam kosakata dan sistem penulisan. Dahulu, kedua negara menggunakan kanji sebagai sistem penulisannya.  Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bentuk persamaan dan perbedaan bahasa Jepang dan bahasa Korea. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya beberapa bentuk perbedaan dan persamaan antara bahasa Jepang dan bahasa Korea dalam penulisan kanji kemudian dalam penulisan bushu. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat penulisan kanji yang sama, kemudian.bushu yang sama walau kanji berbeda dan terdapat pula perbedaan penulisan bushu walau memiliki makna yang sama.

 

References

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. 1–20.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Faizah, U., Sukirno, & Fatimah, N. (2018). Analisis Sosiologi Sastra Novel Anak Rantau Karya [4] Ahmad Fuadi Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Dengan Metode Problem Solving Di Kelas XII SMA. 6(53), 446–453.

Gani, S., & Arsyad, B. (2018). Kajian Teoritis Struktur Internal Bahasa (Fonologi, Morfologi, Sintaksis, dan Semantik). 07(1), 1–20.

Lawrence, J., & Tar, U. (2013). The use of Grounded Theory Technique as a Practical Tool for Qualitative Data Collection and Analysis Department of Applied Computing and Information Technology Department of Politics & International Relations. 11(1), 29–40.

Nur, T. (2016). Analisis Kontrastif dalam Studi Bahasa. 1(2), 64–74.

Samuel, M. (1990). No Title.

Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing Di Indonesia : 14(1), 1–11.

Survey Report On Japanese - Language Education Abroad 2018. (2018).

Suryanigrat, E. (2013). Pengertian, Sejarah, Dan Ruang Lingkup Kajian Semantik (Ilmu Dalalah). 12(1), 105–125.

Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1–19. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/BING4214-M1.pdf

Downloads

Published

2023-07-23