PENERAPAN STRATEGI KERJA KELOMPOK (TEAM WORK) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6265Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi kerja kelompok (team work) berbantuan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa, (2) respons siswa terhadap penerapan strategi kerja kelompok (team work) berbantuan media gambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi kerja kelompok (team work) berbantuan media gambar dapat (1) meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa, yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas, yaitu 73 pada siklus I menjadi 87 pada siklus II dan dengan bobot rata-rata 76% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II (2) menumbuhkan respons positif siswa terhadap penerapan strategi kerja kelompok (team work) berbantuan media gambar.Kata Kunci : kemampuan berbicara, strategi kerja kelompok (team work), media gambar
この研究の目的は、(1) 学習者の日本語会話能力を向上させるための絵教材によるTeam Work学習法の使用状況、 (2)この学習法に対する学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は、2014 年度シンガラジャ国立第四高等学校言語コース11年生の33名である。調査データは、授業観察、テスト、アンケート、インタビューにより収集した。それを定性および定量的記述法によって分析した。分析の結果、(1) Team Work学習法 によって、学習者の日本語会話能力を高められる。これは、第一周期終了時のテストの平均点 が73点、第二周期終了時のテストの平均点が87点になったことよりわかる。また、第一周期では76%、第二周期では90%の学習者が標準値を超えた。(2)この学習法に対する学習者の反応も会話能力を高めるために有効であるという反応であった。
keyword : 会話能力、Team Work学習法、絵教材
Published
2015-11-06
Issue
Section
Articles