MODEL-MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME OLEH MGMP BAHASA JEPANG PROVINSI BALI

Authors

  • Ida Ayu Laksmi Widyadnyani .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model-model pengembangan profesionalisme oleh MGMP bahasa Jepang provinsi Bali (2) kendala-kendala dalam mengembangkan profesionalime guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah MGMP bahasa Jepang provinsi Bali. Penggumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, studi dokumen dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model-model pengembangan profesionalisme guru yang digunakan oleh MGMP adalah pertemuan bulanan dan seminar (Shokenshu). Pertemuan bulanan ini ditujukan untuk membahas mengenai penyusunan perangkat pembelajaran, masalah yang dihadapi oleh guru selama mengajar. Seminar (Shokenshu) ini ditujukan bagi guru-guru bahasa Jepang yang baru mengajar kemudian diberikan pelatihan bagaimana mengajar,serta menyusun perangkat pembelajaran. Kendala yang dihadapi oleh MGMP bahasa Jepang provinsi Bali dalam mengembangkan profesionalisme guru adalah jarak yang jauh atau wilayah yang jauh yang menyebabkan sedikitnya guru-guru yang hadir, jumlah peserta yang hadir sedikit sehingga imbas pelatihan hanya dirasakan oleh guru-guru yang hadir.
Kata Kunci : Model, Pengembangan Profesionalisme, Guru, MGMP Bahasa Jepang.

この研究の目的は、(1)バリ州日本語教師会による指導熟練度を高めるためのモデル、(2)教師の熟練度を高める際に現れる問題点について明らかにすることである。この研究は、定性的記述調査である。バリ州日本語教師会を研究の対象とした。データは、インタビュー、資料、画像により収集し、それを定性的記述法により分析した。この研究の結果、バリ州日本語教師会による指導熟練度を高めるためのモデルとして、月例会および小研修がある。月例会では、学習要項について、指導中に教師が抱える問題点についての解説が目的である。小研修では、新任教師への指導法の紹介、学習要項の解説が行われている。この教師会における問題点として、遠隔地の教師が参加するには、研修場所が遠いため、参加者が少ないこと、研修が限られた教師によってしか行われていないことが挙げられる。
keyword : モデル、熟練度、教師、日本語教師会

Published

2015-11-06

Issue

Section

Articles