PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X IBB SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Nengah Nunuk Suryawati .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6270

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektivan metode total physical response berbantuan media gambar dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jepang setelah menggunakan metode total physical response berbantuan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 39 orang. Metode pengumpulan data adalah metode observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, sebelum menggunakan metode total physical response berbantuan media gambar hasil nilai rata-rata pre-test adalah 68,43 dengan ketuntasan 33%. Kemudian, setelah menerapkan metode total physical response berbantuan media gambar nilai rata-rata post-test adalah 81,69 dengan ketuntasan 79% pada siklus I dan 89,05 dengan ketuntasan 95% pada siklus II. Oleh karena itu, penggunaan metode total physical response berbantuan media gambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang. Dari hasil analisis angket, siswa memberikan respon positif mengenai penerapan metode total physical response berbantuan media gambar, dan kemampuan kosakata bahasa Jepang siswa menjadi meningkat.
Kata Kunci : metode pembelajaran, total physical response, media gambar, kosakata bahasa Jepang

この研究の目的は日本語語彙を高めるめに使用するTotal Physical Response と え カード の効果についてまた学習者がTotal Physical Response を用いた後にどのような反応があったかを明らかにすることであう。この研究の対象は2014年度シンガラジャー国立第一 高等学校言語 コース10年生 2組の生徒39名である。デースはテスト授業視察。質問アンケートによって収集し。それを定性的に分析した。この研究の結果Total Physical Responseを使用するまえの予備テストは、平均点68,43点、使用後の一回目のテストは平均点81,69点、二回目は平均点89,05点であった。また標準を超えた一回目が  79%、二回目が95%であった。これはTotal Physical Responseと え カードによる教授法が学習者に有効であることがゆかる。アンケートによる学習者の有効Total Physical Responseを使用することに興味を持ち。語彙かを高めるためにとても効果があったという回答であった。
keyword : 学習方法、Total Physical Response,  え カード、日本語語彙

Published

2015-11-09

Issue

Section

Articles