PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Ketut Rini Karunia Dewi .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Singaraja (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah strategi kooperatif tipe NHT, tanya jawab dan diskusi serta metode yang digunakan adalah metode GTM (Grammar Translation Method) dan TPR (Total Physical Response). Buku pelajaran yang digunakan sebagai refrensi adalah buku sakura jilid 1 dan 2, nihongo 1 dan 2, serta buku terbitan gakushudo. Faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi pembelajaran bahasa Jepang adalah karakteristik siswa, kondisi siswa di kelas, dan materi yang diajarkan.
Kata Kunci : profil, strategi pembelajaran, bahasa Jepang

この研究の目的は、(1)シンガラジャ国立第一高等学校日本語授業における学習法、(2)当校日本語学習過程において用いられる、それぞれ学習法を使用する際の要因を明らかにすることである。この研究は、定性的記述調査である。研究の対象は、シンガラジャ国立第一高等学校日本語科である。データは、授業観察インタビュー、画像により収集し、それを定性的記述法により分析した。分析の結果、日本語授業における学習法は、NHTグループ学習法であり、質疑討論では、GTM(文法翻訳法)とTPR(全身反応学習法)が使用される。教科書として、「さくら」1,2巻、「にほんご」1,2巻、参考書として日本語書籍の問題集が使用されている。それぞれの学習法を使用する要因は、学習者の特徴、状態、学習内容によって決定される。
keyword : 紹介、学習法、日本語

Published

2015-11-09

Issue

Section

Articles