PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIRAGANA PADA SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 KUBUTAMBAHAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Luh Gede Serinadi .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6277

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X A SMA Negeri 1 Kubutambahan tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 38 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) tes, (2) kuesioner, dan (3) observasi/evaluasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tes menulis huruf hiragana dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan rata - rata nilai kelas dalam tes menulis dari hasil pre-test 59,87 menjadi 72,89 pada siklus I, dan 83,29 pada siklus II. Ketuntasan siklus I adalah 58% dan 100% pada siklus II Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf hiragana pada siswa kelas X A SMA Negeri 1 Kubutambahan, dan (2) siswa merasakan manfaat dan memberikan respon positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dalam pembelajaran menulis huruf hiragana.
Kata Kunci : pembelajaran kooperatif tipe NHT, kemampuan menulis, hiragana

この研究の目的は2014年度クブタンバハン国立第一高等学校 A クラス10年生の課題学習によるひらがな表記能力の向上を実証することである。この研究は2周期に渡る教室活動調査である。この調査の対象は2014年度クブタンバハン国立第一高等学校A クラス10年生38名である。データはテスト、質問アンケート、授業観察により収集し、それを定性的定量的記述法により分析した。研究の結果、この学習法の使用前のプレテストの平均点が59,87点、第一周期終了後のテスト平均点は72,89点、第二周期終了後は83,29点であった。また、標準を超えた学習者は、一回目が58%、二回目では100%であった。このことから、Numbered Head Together 学習がひらがな表記能力を向上させるために有効である。この学習を使用した学習者の反応はとても効果があると いうものであった。
keyword : Numberead Head Together学習、表記能力, ひらがな

Published

2015-11-10

Issue

Section

Articles