PROFIL STRATEGI MENGAJAR GURU BAHASA JEPANG DI SMK N 1 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • I Gede Putra Yogisswara .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v1i2.6281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi yang digunakan dalam mengajar bahasa Jepang di SMK N 1 Singaraja (2) Faktor-faktor yang dijadikan acuan dalam penerapan Strategi Mengajar Guru Bahasa Jepang di SMK N 1 Singaraja. (3) kendala-kendala yang dihadapi guru di SMK N 1 Singaraja. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMK N 1 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMK N 1 Singaraja adalah metode GTM (Grammar Translation Method) dimana guru lebih banyak menggunakan terjemahan di dalam mengajar bahasa Jepang serta strategi yang digunakan adalah drill dan tanya jawab. (2) guru bahasa Jepang di SMK N 1 Singaraja menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik siswa dan kondisi di kelas. (3) Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah kurangnya buku ajar khusus pariwisata dalam bahasa Jepang dan kurangnya media pembelajaran.
Kata Kunci : profil, strategi mengajar, pembelajaran

 この論文の目的は、(1)シンガラジャ国立第1実業高等学校の日本語指導法、(2)当校日本語教師が使用する指導法の要因、(3)日本語を担当する教師が、授業の際に直面する問題点を明らかにすることである。研究の対象は、シンガラジャ国立第1実業高等学校日本語指導者である。データは授業観察、インタビューにより収集し、それを定性的記述法により分析した。研究の結果、(1)シンガラジャ国立第1実業高等学校日本語指導者が日本語学習の際使用する指導法は、GTM(文法翻訳法)、ドリル、質疑応答である。また、GTMに多くの時間を割き、その後ドリル、質疑応答により復習する。(2)当校の日本語指導者は、学習者の特徴、状況を把握しながら指導を施す。(3)日本語を指導する際に直面する問題として、観光日本語用の教科書および副教材の不足が挙げられる。
keyword : 紹介、指導法、学習

Published

2015-11-10

Issue

Section

Articles