STUDI TENTANG KEMAMPUAN DAN MASALAH DALAM MENULIS HURUF HIRAGANA, KATAKANA PADA SISWA KELAS XI BAHASA DAN UPAYA GURU DALAM MENANGANI MASALAH TERSEBUT DI SMA SARASWATI SINGARAJA TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Luh Devi Mas Juliani .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Gede Satya Hermawan, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i1.6456

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tentang kemampuan menulis huruf hiragana dan katakana pada siswa kelas XI bahasa di SMA Saraswati Singaraja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan menulis huruf hiragana dan katakana pada siswa kelas XI bahasa SMA Saraswati Singaraja, (2) Mendeskripsikan masalah siswa dalam menulis huruf hiragana dan katakana dan (3) Mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam menangani masalah tersebut di SMA Saraswati Singaraja. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Jepang di SMA Saraswati Singaraja. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis huruf hiragana dan katakana berdasarkan hasil obeservasi awal hanya 7 orang siswa yang mendapatkan nilai tuntas dan 23 orang siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas. Pada observasi kedua setelah guru menggunakan strategi inkuiri dan strategi teknik drill kemampuan siswa menulis siswa meningkat dari 30 siswa hanya 9 orang yang tidak tuntas. (2) masalah siswa dalam menulis huruf hiragana dan katakana yaitu. Jumlah huruf hiragana dan katakana yang terlalu banyak, adanya bentuk huruf yang sama, tidak tahu urutan penulisan yang benar, dan tidak hafal goresan setiap huruf dengan benar. (3) upaya guru dalam menangani masalah tersebut dengan melakukan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menerapkan strategi yang tepat agar siswa dapat mengembangkan kemampuan menulis huruf hiragana dan katakana. Strategi yang digunakan guru yaitu strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran teknik drill.
Kata Kunci : Kata kunci : kemampuan,menulis, huruf hiragana dan katakana

要旨 この研究は、シンガラジャサラスワティ高等学校言語コース11年生のひらがなとカタカナの表記能力の調査である。この調査の目的は、(1)シンガラジャサラスワティ高等学校言語コース11年生のひらがなとカタカナの表記能力、(2)当校学習者のひらがなとカタカナの表記における問題点、(3)当校教師の問題点における解決努力を明らかにすることである。データは、定性的記述法により分析した。調査対象は、2014年度シンガラジャサラスワティ高等学校言語コース11年生の30名及び当校日本語科指導者である。データは、インタビュー、ドキュメンタリー、観察によって収集した。調査の結果は次の通りである。(1)一回目の観察の結果によるひらがなとカタカナの表記能力の標準を超えた学習者は7名、標準を満たさなかった学習者は23名であった。二回目の観察結果では、指導者がインクイリ、ドリル学習法を使用した結果、同標準を超えられなった学習者は、30名中9名に減少した。(2)学習者のひらがなとカタカナの表記における問題点として、文字数の多さ、文字の類似、書き順、正しい文字の形を覚えていないことが挙げられる。(3)教師の指導努力では、学習者が興味を持ち、楽しく学習できるような学習法を使用し、表記能力が向上する努力を行っている。学習法として、インクイリ法、ドリル学習法が挙げられる。
keyword : キーワード:表記能力、ひらがな文字、カタカナ文字

Published

2016-02-15

Issue

Section

Articles