PENGEMBANGAN MEDIA HITSUJUN KANJI UNTUK PEMBELAJAR BAHASA JEPANG KELAS XI SMA/SMK

Authors

  • Ketut Agus Murdani .
  • I Nyoman Pasek Hadi Saputra, S.Pd., M.Pd .
  • Putu Dewi Merlyna Yuda Pramesti, S.S., .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i1.6457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media hitsujun kanji untuk pembelajar bahasa Jepang kelas XI SMA/SMK yang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru dan siswa SMA N 1 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media kanji bergerak dibuat menggunakan dua warna latar belakang yaitu warna hitam dan putih, huruf yang digunakan menyesuaikan dengan warna latar belakang. Media 1 menggunakan latar belakang berwarna hitam, huruf berwarna putih dan media 2 menggunakan latar belakang berwarna putih, huruf berwarna hitam. (2) Berdasarkan hasil uji ahli isi dan pakar pembelajaran, media hitsujun kanji dinilai sudah sesuai dengan karakteristik siswa SMA/SMK.
Kata Kunci : Kanji, Media Pembelajaran, Hitsujun Kanji

この研究の目的は生徒の特性に応じた十一年生学習者のためメディア漢字を作った。この研究はResearch and Developmentである。研究の対象はシンガラジャ国立第一高校12年生、教師である。データは、授業視察、質疑アンケートにより収集し、それを定性的記述法により分析した。研究の結果は以下の通りである。(1)この漢字筆順のは2つバックグラウンドを作った。それは、白い字で、黒いバックグラウンドのメドィア1、で、これに反して。2)この漢字筆順は日本語十一年生学習者の特性に適応したメディア教材である。
keyword : 漢字、学習教材、筆順漢字

Published

2016-02-15

Issue

Section

Articles