PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X IPB SMA NEGERI 1 AMLAPURATAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Ni Kadek Wahyu Swadesi .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i1.6661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media flash card dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Amlapura serta (2) tanggapan siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Amlapura terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media flash card dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Amlapura yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan kuesioner. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan media flash card pada siswa kelas X IPB SMA Negeri 1 Amlapura tergolong baik yang dilihat dengan meningkatnya hasil tes dari ketuntasan nilai pre-test sebesar 3% dengan rata-rata nilai 38,74. Sedangkan pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 54%, dengan rata-rata nilai sebesar 68,85. Pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 79%, dengan rata-rata nilai sebesar 81,58 dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan metode kooperatif berbantuan media flash card positif. 82% dari siswa menganggap pembelajaran kosakata dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media flash card sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, flash card, kosakata.

この研究の目的は、(1)アムラプラ国立高等学校言語コース10年生の日本語語彙力向上のためフラッシュカードを利用するグループ学習法の利用状況、(2)同校生徒のこの学習法に対する反応を明らかにすることである。この研究は、二周期に渡る教室実践活動であり、2014年度アムラプラ国立第一高等学校言語コース10年生の33名である。データは、テスト、授業観察、質問用紙により収集し、それを定性的記述法により分析したものである。この研究の結果は次の通りである。(1)同校生徒の日本語語彙力向上のためのフラッシュカードの利用は、効果があるといえる。これは、予備テストの平均点が38.74点、標準を越えた生徒の割合が3%だったのに対し、第一周期終了時では、同68.85点、54%、第二周期終了時では、同81.58点、79%になったことからいえる。(2)この学習法に対する生徒の反応は、大変良好であった。82%の生徒がこの学習法に対して、日本語語彙力を高めるためにとても効果があると答えていた。
keyword : グループ学習、フラッシュカード、語彙

Published

2016-03-03

Issue

Section

Articles