Efektivitas Penerapan Metode Active Learning Model Rotating Roles terhadap Kemampuan Berbicara Mahasiswa Kaiwa II

Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Tahun Akademik 2022/2023 Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Yuniarsih Universitas Negeri Jakarta
  • Rurri Fadhillah Hakim Universitas Negeri Jakarta
  • Indah Siti Rahayu Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i1.67533

Keywords:

pembelajaran bahasa Jepang, rotating roles, kemampuan berbicara

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kaiwa II cenderung pasif untuk menggunakan bahasa Jepang di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu, terdapat beberapa indikator yang mempengaruhi pasifnya mahasiswa pada saat pembelajaran. Kecenderungan aktif atau pasifnya mahasiswa terlihat pada kemampuan antara mahasiswa yang sudah pernah mempelajari bahasa Jepang lebih dahulu dengan mahasiswa yang baru memulai pembelajaran bahasa Jepang. Kemudian mahasiswa masih sangat terfokus dengan penggunaan pola kalimat ataupun kosakata ketika ingin berbicara bahasa Jepang, serta perbedaan minat terhadap kebudayaan Jepang juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri mahasiswa ketika berbicara bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Active Learning model Rotating Roles terhadap hasil belajar mata kuliah Kaiwa II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  true experimental design. Adapun untuk penelitian ini, desain penelitian yang dipakai adalah pretest-posttest control group design dan populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kaiwa II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Dengan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kaiwa II dari kelas A sebagai kelompok eksperimen dan kelas C sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 24 orang di setiap kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Hasil dari penerapan model Rotating Roles dalam pembelajaran Kaiwa II memperoleh t hitung sebesar 2,26 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db) = 46 memperoleh t tabel yaitu 1,67. Dengan demikian (thitung > t tabel), dapat disimpulkan bahwa penerapan model Rotating Roles efektif meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa dalam perkuliahan Kaiwa II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta tahun 2022/2023.

References

Dimyanti, Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka cipta.

Dr. Priyono, M. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Silberman, Melvin L. 2011. Aktif Learning (101 Cara Belajar Siswa Aktif). Bandung: Nusamedia

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Martini, Elya. 2020. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama Melalui Teknik Pembelajaran Rotating Roles, Jurnal Perspektif Pendidikan.” Jurnal Perspektif Pendidikan 2(1): 4. Diakses melalui https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/download/904/441.

Downloads

Published

2024-02-24