Efektivitas Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang

Authors

  • Hani Septiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sugihartono Universitas Pendidikan Indonesia
  • Via Luviana Dewanty Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i1.68583

Keywords:

efektivitas, media flashcard, kemampuan kosakata bahasa jepang

Abstract

Pembelajar bahasa Jepang di SMA masih kesulitan dalam mengingat kosakata bahasa Jepang. Hal tersebut ditunjukkan dari observasi yang dilakukan sebelum penelitian di SMA Labschool UPI. Hal tersebut disebabkan kurangnya media pembelajaran. Namun di era digital yang sudah canggih, media pembelajaran bisa dikembangkan menjadi bentuk multimedia. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas penggunaan media flashcard terhadap kemampuan kosakata bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Labschool UPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung 21,19 > t-tabel 2,06 pada derajat bebas (db) 25 dan taraf signifikan 2,06 dan 2,78. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Media flashcard ini diharapkan dapar dijadikan bahan pengajaran, dikembangkan lebih lanjut menyangkut kemampuan lain dalam mata pelajaran lain, dan dapat dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan materi yang lebih luas.

References

A. Arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta, Rajagrafindo Persada, 2011.

A. Fadilah, R. Rahmalina, “Efektivitas media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa SMA di kota Padang Panjang”, Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang., vol. 5, no. 1, 56-66, 2022.

A. P. Diningsih, S. W. Widiati, Z. L. Isnaini, “Keefektifan Media Flashcard dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas X Sman 9 Pekanbaru”, Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan., vol. 4, no. 2, 2017.

G. Gunawan, “Hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas x iis sma negeri 1 cigudeg bogor”, El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran., vol. 2, no. 1, 36-43, 2019.

I. W. Sudarsana, K. K. E. Adnyani, N. N. Suartini, “Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas X Ap 2 Smkn 1 Nusa Penida Tahun Ajaran 2017/2018”, Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha., vol. 4, no.1, 63-71, 2018.

K. Matsuura, Kamus Jepang-Indonesia, 2005

Media Pembelajaran Inklusi, Publikasi Buku Reprensi Media Pembelajaran Inklusi.pdf, 2018. [Online]. Available: http://eprints.ulm.ac.id/6126/1/B5.

N. L. P. Susantini, M. G. R. Kristiantari, “Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha., vol. 9, no. 3, 2021.

Oogawa, Nihongo Kyouiku Jiten, Tokyo, Taishukan Pub.com, 1982.

Sudjianto, Ahmad. D, Pengantar Linguistik Bahasa Jepang, Jakarta, Kesaint Blanc, 2009.

Downloads

Published

2024-02-24