Penerapan Media Pembelajaran Power Point Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Teluk Kuantan

Authors

  • Sari Santika Universitas Riau
  • Merri Silvia Basri Universitas Riau
  • Sri Wahyu Widiati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v10i3.72919

Keywords:

Kata kunci: Hiragana, Power Point, Powtoon , Eksperimen.

Abstract

Abstrak

Bagi siswa SMA yang mempelajari bahasa Jepang, penguasaan huruf Hiragana dianggap sebagai dasar yang sangat penting. Keterampilan ini memiliki signifikansi karena banyak kata-kata asli dalam bahasa Jepang, seperti nama tempat dan objek, ditulis dengan huruf Hiragana. Biasanya, pembelajaran Hiragana ditekankan sebelum mempelajari Katakana dan Kanji, terutama pada tahap awal pembelajaran di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimental sebagai metodologi. Metode ini dipilih karena sesuai dengan karakteristik sampel penelitian, yang terdiri dari kelompok pembanding atau kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sudah ditetapkan sebelumnya dan tidak dipilih secara acak, mengikuti desain nonequivalent control group (Sugiyono, 2014). Berdasarkan hasil analisis menggunakan Mann-Whitney Test, nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Ini mengindikasikan bahwa penggunaan Power Point Powtoon  memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa kelas X di SMAN 1 Teluk Kuantan dalam menghafal huruf Hiragana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media Power Point Powtoon  memberikan dampak positif terhadap kemampuan siswa kelas X di SMAN 1 Teluk Kuantan dalam menghafal huruf Hiragana. Meskipun beberapa data tidak mengikuti distribusi normal, uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikan, menegaskan bahwa dampak media tersebut cukup besar. Siswa yang menggunakan Powtoon  menunjukkan peningkatan dalam mengartikulasikan huruf-huruf dan kemampuan menghafal huruf Hiragana.

Top of Form

 

Kata kunci: Hiragana, Power Point, Powtoon , Eksperimen.

                                                                                                                                      

Abstract

High school students studying Japanese are required to master the Hiragana script as a fundamental skill. This proficiency is crucial as native Japanese words, such as place names and objects, are written in Hiragana. Typically, the learning sequence prioritizes Hiragana before delving into Katakana and Kanji, especially in the early stages of high school. The research employed a quasi-experimental approach as its methodology. This method was chosen to align with the characteristics of the research sample, comprising a control group and an experimental group. The assignment of these groups was predetermined and not randomly selected, following a nonequivalent control group design (Sugiyono, 2014). Based on the findings from the Mann-Whitney Test, the Asymp. Sig (2-tailed) value was 0.000, which is smaller than 0.05. This indicates that the use of Power Point Powtoon  has a significant impact on the ability of 10th-grade students at SMAN 1 Teluk Kuantan to memorize Hiragana characters. In conclusion, this study suggests that the utilization of Power Point Powtoon  positively influences the proficiency of 10th-grade students at SMAN 1 Teluk Kuantan in memorizing Hiragana characters. Despite some data not following a normal distribution, the Mann-Whitney Test results show significant value, supporting the notion that the impact of the media is substantial. Students using Powtoon  demonstrated improvement in articulating the characters and memorizing the Hiragana script.

 

Keywords : Hiragana, Power Point, Powtoon , Experiment.

References

Elpira, Nira. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 2 No.1.

Ilahi, L. R., & Desyandri, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Powtoon di kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 1058-1077.

Mardani, D.M.S. 2012. Pemanfaatan Media Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 45(3): 220-230.

Merdand, Shannon (2019). Product Review:Powtoon. (Online) http://www.techlearning.com/news/0002/product-reviewPowtoon /63310.html. Diakses tanggal 17 September 2020

Murtiyastuti, K. Y. (2022). Pengaruh media Powtoon dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 1 Krembung. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 68-76.

Olivia, I.Y., dan Rusmiyanti. 2016. Efektivitas Pembelajaran Aktif Teks Acak Menggunakan Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Kalimat Hiragana Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. E-Journal Pengajaran Bahasa Jepang 3(2): 1-7.

Pais, Marcelo Humberto Rioseco., Nogues, Frano Paukner& Munoz, Bruno Ramirez. 2017. Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. iJET, Vol.12, No. 6 120–131.

Pardjono, P., Sugiyono, S., & Budiyono, A. (2015). Developing a model of competency and expertise certification tests for vocational high school students. REiD (Research and Evaluation in Education), 1(2), 129-145.

Putri, N.L.P.U.D., Sadnyana, I.W., & Rahman, Y. (2022). Persepsi Guru Terhadap Sistem Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia 2(1), 1-11.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet, CV. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. . Bandung: Alfabet, CV.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).

Swardana, M. D., & Rohman, Y. L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Kemampuan Membaca Kanji Mahasiswa Tingkat I Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 9(1), 24-33.

Downloads

Published

2024-11-28