PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN TEKNIK PERMAINAN MISSING LETTER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X SMA BHAKTIYASA SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Komang Ayu Mandiastari .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i1.7419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik permainan missing letter, (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang pada saat diterapkan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik permainan missing letter. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Bhaktiyasa Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. (1) Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan klasikal 20% sebelum diadakan tindakan, pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan klasikal 80%, dan pada siklus II meningkat lagi dengan persentase ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik permainan missing letter dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa. (2) Dari hasil analisis kuesioner, siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik permainan missing letter pada pembelajaran kosakata. Siswa merasakan manfaat dari penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik permainan missing letter, yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan penguasaan kosakata meningkat.
Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, teknik permainan missing letter, penguasaan kosakata

この研究の目的は、(1)「ミッシングレター」ゲームを使用したグループ学習法による学習者の日本語語彙力の向上を知ること、(2) 授業内 でこの学習法を用いた場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は、2015年度シンガラジャバクティヤサ高等学校10年生の10名である。この研究は、 二周期に渡る教室実践活動調査である。(1) データの収集は観察、テスト、アンケートで行い、それを定性的定量的記述法により分析した。研究の結果、この学習法を用いる前の予備テストの標準値を超えた割合が20%、第一周期終了後は80%、第二周期終了後では100%であった。この結果から、このゲームを使用した学習法は学習者の日本語語彙能力を高められるということがわかる。(2) 調査票の分析の結果は、「ミッシングレター」ゲームを使用したグループ学習法に対する学習者の反応は肯定的であった。学習者はこの学習法により学習が楽しくなり、語彙能力を高めるために有効であると感じていた。
keyword : グループ学習法、「ミッシングレター」ゲーム、語彙力

Published

2016-07-13

Issue

Section

Articles