PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PERMAINAN DICE WORDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA PADA KELAS X IBB 1 DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.7924Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan permainan Dice Words, (2) mengetahui respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan permainan Dice Words. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 33 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan berbantuan permainan Dice words dapat meningkatkan kosakata bahasa Jepang siswa. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan dari pretest dengan persentase ketuntasan 12,12%, pada siklus I persentase ketuntasan menjadi 90,91%, dan pada siklus II persentase ketuntasan 100%. (2) Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan permainan Dice Words tergolong positif. Siswa merasakan manfaat dari penggunaan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together berbantuan permainan Dice Words yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan penguasaan kosakata menjadi meningkat.Kata Kunci : Kooperatif Numbered Heads Together, Permainan Dice Words, Penguasaan Kosakata, Bahasa Jepang
この研究の目的は, (1)「言葉のサイコロ」ゲームを使用するNHTグループ学習法によって学習者の日本語語彙力の向上を知ること、(2)この学習法を使用した場合の学習者の反応を知ることである。この研究の対象は、2015年度シンガラジャ国立第二高等学校言語文化コース10年生1組の33名である。この研究は2周期に渡る教室実践活動調査である。データは、観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定性的および定量的記述法により分析した。この研究の結果、(1) 「言葉のサイコロ」ゲームを使用するNHTグループ学習法によって学習者の 日本語語彙能力が向上した。これは 予備テストで標準を越えた学習者の割合が12,12%であったのに対し、第一周期終了時では90,91%、第二周期終了時では100%に上昇したことからいえる。(2)この学習法を使用した学習者の反応は、良好であった。学習者は、この学習法によって授業が楽しく、語彙力も高められると感じていた。
keyword : NHTグループ学習、「言葉のサイコロ」ゲーム、語彙能力、日本語
Published
2016-07-26
Issue
Section
Articles