PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG PADA SISWA KELAS X IBB 2 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Wayan Ari Astari .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.7925

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik tebak kata, (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik tebak kata. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Bahasa dan Budaya 2 SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2015/2016, sebanyak 31 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Tebak Kata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Peningkatan tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari pretest yaitu 9,68%, kemudian meningkat menjadi 87, 10% pada posttest siklus I, kemudian meningkat menjadi 100 % pada posttest siklus II. Dari hasil analisis angket, siswa memberi respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Tebak Kata dalam pembelajaran kosakata. Siswa merasakan manfaat dari penerapan model pembelajaran Kooperatif dengan teknik Tebak Kata yaitu pembelajaran menjadi menyenangkan dan penguasaan kosakata siswa menjadi meningkat.
Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif, teknik Tebak Kata, penguasaan kosakata

この 研究 の目的 は、(1) 連想ゲームを使用するグループ 学習法を用いた場合の学習者の日本語語彙能力の向上を知ること、(2)授業内でこの学習法を用いた場合の学習者の反応を説明することであるこの研究の対象は、2015年度シンガラジャ国立第ニ高等学校言語文化コース10年生 2組の31名である。この研究は2周期に渡る教室実践活動調査である。データは授業観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定量的および定性的記述法により分析した。この研究の結果は次の通りである、連想ゲームを使用したグループ学習法は、学習者の日本語語彙力を向上させた。これは 予備テストで標準値を超えた割合は9,68%で、第一周期終了時では同 87.10%、第二周期終了時では同100%に上がったことからいえる。アンケートの分析の結果、連想ゲームを使用したグループ学習法を用いた場合の学習者の反応は肯定的であった。学習者は、この学習法により授業が興味あるものとなり、日本語語彙を増やすために効果があると感じている。
keyword : グループ学習法、連想ゲーム、語彙力

Published

2016-07-26

Issue

Section

Articles