PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN TEKNIK CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG TERHADAP SISWA KELAS X UPW A DI SMK NEGERI 1 SINGARAJATAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Kadek Budiartini .
  • Kadek Eva Krishna Adnyani,S.S.,M.Si .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.7926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kosakata bahasa Jepang siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort, dan (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X UPW A SMK Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri 42 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa. Pada hasil Pret-Test persentase ketuntasan 19.04% dengan rata-rata nilai 56,19. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 90.47% dengan rata-rata nilai 79,88. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%, dengan rata-rata nilai 89,28. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort tergolong positif. Pada siklus I, rata-rata respon siswa adalah 35,30 dan tergolong positif. Pada siklus II rata-rata respon siswa adalah 36,76 dan tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajraan kooperatif berbantuan teknik card sort dapat meningkatkan penguasaan kosakata.
Kata Kunci : Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Card Sort, Kosakata Bahasa Jepang .

この研究の目的は、(1)「カードソート」を使用するグループ学習法により学習者の日本語語彙力の向上を知ること、(2)授業内でこの学習法を用いた場合の学習者の反応を明らかにすることである。この研究の対象は、2015年度シンガラジャ国立第一実業高等学校10年生の42名である。この研究は二周期に渡る教室実践活動調査である。データは授業観察、テスト、アンケートにより収集し、それを定量的および定性的記述法により分析した。この研究の結果、「カードソート」を使用したグループ学習法は、学習者の日本語語彙力を向上させた。これは 予備テストで標準値を超えた割合は19,04%、平均点が56,19点だったのに対し、第一周期終了時では同90.47%、平均点が79,88点、第二周期終了時では同100%, 平均点が89,28点に上昇したことからいえる。この学習法を使用した場合の 学習者の反応は良好であった。第一周期では35,36ポイントが良好、第二周期では36,76ポイントが良好の範疇であった。以上のことから、この「カードソート」を使用するグループ学習法は、学習者の日本語語彙能力を高めるために有効であると言える。
keyword : キーワード:グループ学習法、カードソート、日本語の語彙

Published

2016-07-26

Issue

Section

Articles