STUDI ANALISIS TENTANG KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN DASAR GURU YANG DIBUTUHKAN DALAM MENGAJAR BAHASA JEPANG DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Luh Putu Lia Krisnayanti .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8047

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa calon guru agar mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) keterampilan yang harus diajarkan dalam mata kuliah microteaching, (3) perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang sesuai dalam kurikulum 2013 sehingga mahasiswa calon guru mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dosen-dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode angket, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) mahasiswa calon guru harus memiliki empat kompetensi guru di dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Jepang di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah 8 keterampilan dasar guru dan keterampilan dalam membuka pelajaran, mengisi pembelajaran dan menutup pelajaran, (3) perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah silabus, RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan media pembelajaran yang berupa media visual, media audio, dan media audio visual. Instrumen penilaian yang dibutuhkan adalah instrumen penilaian yang mencakup 3 penilaian yaitu, penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan dan penilaian kompetensi keterampilan.
Kata Kunci : kompetensi guru, kurikulum 2013, microteaching

本研究の目的は、(1)中学校における日本語指導において学生が身に付けるべき能力、(2)マイクロティーチング講義で教授されるべき基礎スキル、(3)2013年指導要項に沿い、中学校で日本語教育を目指す学生が知るべき指導法及び評価法を明らかにすることである。本研究の対象は、中学校の日本語指導者及び日本語教育学科の教員である。データは、アンケートにより収集し、それを記述法により分析した。本研究の結果、(1)中学校において日本語を指導する場合、学生は4種類の指導者能力を必要とする。(2)指導者としての基礎スキルは、授業開始、授業の内容、授業の終わりにのスキルを含め8種類である。(3)2013年指導要項に沿った日本語指導において必要とされる教材用具は、視覚教材、聴覚教材、視聴覚教材、教案、シラバスである。評価法に関しては、学習者姿勢、知識、スキルの3種類が必要である。
keyword : スキル、2013年指導要項、マイクロティーチング

Published

2016-07-28

Issue

Section

Articles