Pengembangan Media Pembelajaran Dadu Ceria (Tanoshii Saikoro) Untuk Melatih Membuat Kalimat Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Kuta Selatan Tahun 2015
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8095Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dadu ceria (tanoshii saikoro) untuk melatih kalimat bahasa Jepang kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Kuta Selatan, dan untuk mengetahui bentuk media dadu ceria yang dianggap efektif. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development.). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dan guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Hannafin dan Peck yang meliputi analisis kebutuhan, desain dan implementasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran dadu ceria sebagai latihan membuat kalimat bahasa Jepang. Penelitian ini telah terbukti hasilnya melalui uji ahli dan uji terbatas siswa kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Kuta Selatan, sehingga dinyatakan efektif digunakan dalam mengoptimalkan proses pembelajaran untuk melatih kalimat bahasa Jepang.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Dadu Ceria, Kalimat Bahasa Jepang
本研究の目的は南クタ公立第一高等学校文系コース11年生2組の日本語作文の練習のための「楽しいサイコロ」の使用状況、この教材が学習者に有効であることを明らかにすることである。本研究は開発調査のーつである。研究の対象は南クタ公立第一高等学校文系コース11年生2組の生徒と日本語の先生である。また、デサイン、実用に関しては、ハナフィン・ペックによる発展モデルをもとにした。データは授業観察、ィンタビュー、アンケットにより収集し、それを定性的記述法により分析した。この研究の結果、この「楽しいサイコロ」は学習道具として、日本語専門家によって確認され、南クタ公立第一高等学校文系コース11年生2組の数名の生徒によって試用された。そして、日本語作文の練習の学習過程においてとてもいい効果があるといえる。
keyword : 学習道具、楽しいサイコロ、日本語作文
Published
2016-07-29
Issue
Section
Articles