STUDI ANALISIS KOMPETENSI DAN KETERAMPILAN DASAR YANG DIPERLUKAN GURU DALAM MENGAJAR BAHASA JEPANG DI SEKOLAH DASAR (SD) TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ayu Nanda Septiana .
  • Prof. Dr. Ni Nyoman Padmadewi,MA .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i2.8096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa agar mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Dasar (SD) (2) Keterampilan dasar yang harus diajarkan dalam mata kuliah microteaching (3) Perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian yang tepat dalam pembelajaran kurikulum 2013 sehingga calon guru mampu mengajar bahasa Jepang di Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajar bahasa Jepang di Sekolah Dasar dan Dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) calon guru harus menguasai empat kompetensi guru di dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang di tingkat sekolah dasar (SD). (2) Keterampilan dasar yang harus dikuasai adalah 8 keterampilan dasar seorang guru dan keterampilan dalam membuka, mengisi pembelajaran dan menutup pembelajaran. (3) Perangkat pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah media pembelajaran berupa media visual, media audio, media audio visual , RPP, dan silabus yang sesuai dengan kurikulum 2013. Instrumen penilaian yang dibutuhkan adalah instrumen penilaian yang mencakup 3 penilaian yaitu, penilaian sikap, penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.
Kata Kunci : Kompetensi, kurikulum 2013, Microteaching

本研究の目的は、(1)小学校における日本語指導において学生が身に付けるべき能力、(2)マイクロティーチング講義で教授されるべき基礎スキル、(3)2013年指導要項に沿い、小学校で日本語教育を目指す学生が知るべき指導法及び評価法を明らかにすることである。本研究の対象は、小学校の日本語志津者及び日本語教育学科講師である。データは、アンケートにより収集し、それを記述法により分析した。この研究の結果、(1)小学校において日本語を指導する場合、学生は4種類の指導者能力を必要とする。(2)指導者としての基礎スキルは、始業、学習内容、終業のスキルを含め8種類である。(3)2013年指導要項に沿った日本語指導において必要とされる教材用具は、視覚教材、聴覚教材、視聴覚教材、教案、シラバスである。評価法は、学習姿勢、知識、スキルの3種類が必要である。
keyword : スキル、2013年指導要項、マイクロティーチング

Published

2016-07-29

Issue

Section

Articles