IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMK PARIWISATA WERDHI SILA KUMARA TAHUN AJARAN 2015/2016

Authors

  • Ni Luh Putu Lindasari .
  • Desak Made Sri Mardani, S.S .
  • I Wayan Sadyana, S.S.,M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v2i3.8773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi aspek mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dalam pelajaran bahasa Jepang di SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara Tahun Ajaran 2015/2016, (2) kendala-kendala guru bahasa Jepang di SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2015/2016 khususnya pada proses pembelajaran 5M, dan (3) upaya yang dilakukan oleh guru bahasa Jepang untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran 5M. Subjek dalam penelitian adalah guru bahasa Jepang SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara yang berjumlah satu orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) pengimplemetasian aspek mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasi, dan mengomunikasikan dalam pelajaran bahasa Jepang di SMK Pariwisata Werdhi Sila Kumara Tahun Ajaran 2015/2016 tidak selalu dilakukan secara utuh tergantung dari keaktifan siswa di kelas, (2) kendala guru ketika mengajar bahasa Jepang yaitu siswa belum sepenuhnya siap dengan aspek pembelajaran 5M, kelas menjadi ribut dan buku pelajaran terbatas, (3) upaya yang dilakukan guru yaitu memberikan reward berupa tambahan nilai untuk membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. Menyuruh siswa memfotokopi buku dan membentuk kelompok ketika belajar.
Kata Kunci : bahasa Jepang, implementasi, kurikulum 2013

本研究の目的は、(1)2015年度ウェルディ・シラ・クマラ観光実業高等学校日本語学習での観察、質問、探求、連想、伝達の活用手段、(2)同校日本語指導者が、2013カリキュラムで活用する5M学習過程において抱える問題点、(3)5M学習過程における問題点を解決するための指導者の工夫を明らかにしたものである。本研究の対象は、ウェルディ・シラ・クマラ観光実業高等学校日本語講師1名である。データは、授業観察およびインタビューにより収集し、それを定性的記述法により分析した。そのけっか、(1)2015年度同校日本語学習では、5M学習過程の活用は、クラスでの学習者の活発性による部分が多く、必ずしも実施されていない。(2)日本語学習の際の指導者の抱える問題点として、クラスが騒がしかったりテキストが学習者全員に行き渡っていないため、学習者が5M学習過程の準備をできていない。(3)この問題点を解決する工夫として、積極的に授業参加する学習者の評価点を増したり、学習者全員にテキストをコピーさせグループ学習をさせることが挙げられる。
keyword : 日本語、活用手段、2013カリキュラム

Published

2016-11-04

Issue

Section

Articles