Pengembangan Media Pembelajaran Bata-bata KādoUntuk Melatih Mengingat Kosakata Bahasa JepangPada Siswa Kelas XII Ilmu Bahasa 2 di SMA Negeri 1 SeriritTahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • Ni Putu Murdi Anita Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Eva Krishna Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpbj.v3i1.9595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bata-bata kādo dan untuk mengetahui keefektifan media bata-bata kādo dalam melatih kosakata bahasa Jepang kelas XII Ilmu Bahasa 2 di SMA Negeri 1 Seririt. Kosakata yang digunakan dalam media ini diambil dari buku pelajaran bahasa Jepang 2 dan disesuaikan dengan silabus mata pelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Ilmu Bahasa 2 yang berjumlah 28 orang dan guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Seririt. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Hannafin dan Peck. Langkah-langkah pengembangan media meliputi analisis kebutuhan, desain dan implementasi. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran bata-bata kādo sebagai latihan mengingat kosakata bahasa Jepang. Hasil dari uji ahli dan uji terbatas guru serta siswa menyatakan bata-bata kādo efektif digunakan dalam mengoptimalkan proses pembelajaran kosakata bahasa Jepang.
Kata Kunci : Kata kunci : media pembelajaran, bata-bata kādo, kosakata bahasa Jepang

本論の目的は、スリリット公立第一高等学校言語コース12年生2組の日本語語彙力を高める練習のための「ばたばたカード」の作成及びその効果を知ることである。教材で使用した単語は、学習教材『にほんご2』に掲載されている単語である、同校日本語科シラバスに沿ったものである。本研究は開発調査のーつである。本研究の対象は、スリリット公立第一高等学校言語コース12年生2組の生徒28名と同校日本語科指導者である。また、デサイン、実用に関しては、ハナフィン・ペックによる発展モデルをもとにした。データは授業観察、インタビュー、アンケートにより収集し、それを定性的記述法により分析した。調査の結果、専門家及び日本語担当指導者により認められ、作成したこの『ばたばたカード』は、学習者にとり日本語語彙力を高めるための視覚教材として有益であるという感想を持っていた。
keyword : キーワード:学習教材、ばたばたカード、日本語語彙

Published

2017-02-28

Issue

Section

Articles