Pemanfaatan Media Cerita Berbasis Majalah “Bobo” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak Siswa Kelas VII SMPK Santo Paulus Singaraja

Authors

  • Dwi Muliani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1152

Abstract

Pemanfaatan Media Cerita Berbasis Majalah “Bobo” untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anak Siswa Kelas VII SMPK Santo Paulus Singaraja

oleh

Ni Made Dwi Muliani

NIM 0612011005

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerita anak siswa kelas VII di SMPK Santo Paulus Singaraja dengan pemanfaatan media cerita berbasis majalah “Bobo”, (2) mendeskripsikan langkah-langkah yang efektif dalam menerapkan pembelajaran menulis cerita anak siswa kelas VII SMPK Santo Paulus Singaraja dengan pemanfaatan media cerita berbasis majalah “Bobo”, dan (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VII terhadap pemanfaatan media cerita berbasis majalah “Bobo” yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran menulis cerita anak di SMPK Santo Paulus Singaraja.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPK Santo Paulus Singaraja. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data tentang kemampuan menulis cerita anak pada siswa dikumpulkan dengan metode tes. Data hasil tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif, sedangkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran dan respons siswa dikumpulkan dengan metode observasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis secara kualitatif menggunakan tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Secara kuantitatif menggunakan rumus untuk menentukan skor rata-rata kelas.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media cerita anak berbasis majalah “Bobo” (1) dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita anak, (2) ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penggunaan media cerita berbasis majalah “Bobo”, dan (3) respons siswa terhadap pemanfaatan media cerita berbasis majalah “Bobo” dalam pembelajaran menulis cerita anak cukup positif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan media cerita berbasis majalah “Bobo” dalam pembelajaran menulis cerita anak dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditemukan.

Kata kunci: media cerita, majalah “Bobo”, menulis cerita anak

Downloads

Published

2013-07-25

Issue

Section

Articles