PENGGUNAAN MEDIA KAMUS DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MAKNA KATA DALAM BACAAN DI KELAS VIID SMP NEGERI 3 GIANYAR

Authors

  • Sri Damayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1154

Abstract

PENGGUNAAN MEDIA KAMUS DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MAKNA KATA DALAM BACAAN DI KELAS VIID

SMP NEGERI 3 GIANYAR

oleh

Ni Wayan Sri Damayanti, NIM 0912011052

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus dalam pembelajaran kontekstual, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Gianyar. Objeknya adalah langkah-langkah, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penggunaan media kamus dalam pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan media kamus untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan, (2) peningkatan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus dalam pembelajaran kontekstual tergolong baik, dan (3) respons siswa terhadap penggunaan media kamus dalam pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan tergolong sangat positif.

Kata kunci: media kamus, pembelajaran kontekstual, makna kata

Downloads

Published

2013-07-25

Issue

Section

Articles