PENGGUNAAN MEDIA KAMUS DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MAKNA KATA DALAM BACAAN DI KELAS VIID SMP NEGERI 3 GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1154Abstrak
PENGGUNAAN MEDIA KAMUS DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MAKNA KATA DALAM BACAAN DI KELAS VIID
SMP NEGERI 3 GIANYAR
oleh
Ni Wayan Sri Damayanti, NIM 0912011052
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus dalam pembelajaran kontekstual, (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Gianyar. Objeknya adalah langkah-langkah, peningkatan hasil, dan respons siswa terhadap penggunaan media kamus dalam pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat beberapa langkah pembelajaran yang tepat dengan menggunakan media kamus untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan, (2) peningkatan kemampuan siswa memahami makna kata dalam bacaan dengan menggunakan media kamus dalam pembelajaran kontekstual tergolong baik, dan (3) respons siswa terhadap penggunaan media kamus dalam pembelajaran memahami makna kata dalam bacaan tergolong sangat positif.
Kata kunci: media kamus, pembelajaran kontekstual, makna kata
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)