PEMBELAJARAN MENYUNTING TEKS PUISI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KELAS X IPB MAN 1 BULELENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evaluasi pembelajaran menyunting teks puisi berdasakan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa bahasa Indonesia kelas X IPB. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menyunting teks puisi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Akan tetapi, masih memiliki beberapa kelemahan, meliputi (1) perencanaan pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng belum sesuai dengan komponen dan sistematika penyusunan RPP kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng menggunakan pendekatan saintifik, namun terdapat ketidaksesuasaian langkah-langkah pembelajaran yang dibuat oleh guru. (3) evaluasi pembelajaran menyunting teks puisi berdasarkan kurikulum 2013 di kelas X IPB MAN 1 Buleleng menggunakan penilaian autetik, namun penilaian sikap belum dicantumkan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v9i1.20749
Article Metrics
Abstract view : 99 timesPDF file view : 136 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha (JPBSI) indexed by:

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.